Kemdikbudristek Serahkan Hibah Aset BMN ke Universitas Hasanuddin

0

JAKARTA (Suara Karya): Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) menyerahkan hibah aset Barang Milik Negara (BMN) kepada Universitas Hasanuddin (Unhas).

Penandatanganan serah terima hibah dilakukan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Aris Junaidi dan Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu pada Selasa (2/11/21) di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Gowa, Sulawesi Selatan.

Aris menjelaskan, aset yang diserahterimakan tersebut berupa gedung bangunan dan peralatan mesin hasil proyek Pengembangan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, yang dananya menggunakan mekanisme pinjaman dari JICA (Japan International Cooperation Agency).

‘Ada dua paket BMN yang diserahterimakan, yaitu gedung bangunan Departemen Teknik Mesin dan Elektro yang masuk paket 2A dan peralatan mesin serta furnitur yang masuk paket 2B,” ucap Aris.

Ia berharap, aset BMN tersebut dapat dioptimalkan untuk mendukung peningkatan produktifitas riset, publikasi dan inovasi yang bermuara pada percepatan pencapaian Indikator Kinerja Umum (IKU) dan penguatan pengembangan tridarma perguruan tinggi di Unhas.

“Kami titip supaya hibah dapat dioptimalkan baik gedung, peralatan dan laboratorium untuk membantu mahasiswa dan dosen terus berkarya mengembangkan tridrama perguruan tinggi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu berjanji akan mengelola aset hibah secara optimal untuk mendukung riset dan hilirisasi karya inovasi dosen dan mahasiswa.

Usai penandatangan berita acara serah terima, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan didampingi Rektor Unhas, Dekan Fakultas Teknik berkesempatan meninjau kondisi aset-aset yang diserahterimakan baik berupa gedung, laboratorium, dan peralatan mesin di Departemen Teknik Mesin dan Teknik Elektro Unhas. (Tri Wahyuni)