Kemdikbudristek Umumkan Juara Festival Literasi Siswa Indonesia 2021

0

JAKARTA (Suara Karya): Siswi SMA Negeri Modal Bangsa Arun Aceh, Aifa Meisi Putri Aulia meraih juara pertama pada Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI) 2021 untuk kategori penulisan features. Untuk kategori cerita pendek direbut Pandan Raditya Arundhati Satya dari SMA Negeri 1 Pacitan, Jawa Timur.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Hilmar Farid mengumumkan nama pemenang tersebut pada penutupan FeLSI 2021 secara daring dari Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/10/21).

Sedangkan juara pertama untuk kategori fotografi pada perhelatan yang digelar Kemdikbudristek pada 28 September hingga 1 Oktober itu adalah Aprio Adam Triansyah dari SMA Negeri Sumatera Selatan.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid dalam sambutannya mengatakan, kegiatan semacam FeLSI penting, karena literasi menunjukkan kemajuan suatu bangsa. Literasi kini tak sebatas pada membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan untuk menguasai suatu bidang, seperti literasi digital, finansial dan lain-lain.

“Jika ditekuni, dampak literasi akan luar biasa hasilnya bagi bangsa ini. Cita-cita Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh akan tercapai jika para pelajar kita merdeka dalam belajar,” ucap Hilmar

Pelaksana tugas (Plt) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek, Asep Sukmayadi menjelaskan, FeLSI yang baru pertama kali diadakan ini merupakan pengembangan lomba jurnalistik pada siswa pada tahun sebelumnya.

FeLSI menghadirkan 75 finalis dari 3 cabang lomba yakni features, fotografi, dan xerpen. Masing-masing cabang lomba terpilih 25 siswa dari total 3.206 siswa pendaftar. Juri FeLSI terdiri dari unsur akademisi, praktisi dan profesional di bidangnya.

Ditambahkan, juara kedua pada lomba menulis features diraih Hanun Aishy Marwa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tegal, Jawa Tengah; lomba cerpen diraih Yaffadevi Palastri Marhaeni Putri dari SMA Negeri 1 Randudongkal, Jawa Tengah; dan lomba Fotografi diraih Ramona Anjelia Purba.dari SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan, Sumatera Barat.

Sedangkan juara ketiga pada lomba menulis features diraih Nayla Syarifah Hiefra dari SMA Negeri 5 Yogyakarta; lomba cerpen oleh Farah Shafiyyah dari SMA Negeri 1 Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung; dan lomba fotografi diraih Aditya Putra Pratama dari MAN 2 Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Hal senada dikemukakan epala Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kemdikbudristek, Asrijanty. Ia memberi apresiasi atas pelaksanaan FeLSI 2021. Karena literasi merupakan suatu yang mendasar dan penting bagi suatu bangsa.

“Bagaimana kita bisa menguasai bidang ilmu jika tidak bisa membaca. Pengertian literasi pum tidak hanya membaca, tetapi ada proses membuat seseorang berpikir kritis, logis, mengasah ketajaman,” tuturnya menegaskan. (Tri Wahyuni)