Suara Karya

Kemenag Gelar Seleksi Terbuka 20 Jabatan Eselon II, Ketahui Tahapannya!

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Agama menggelar seleksi terbuka bagi 20 calon pejabat pimpinan tinggi pratama atau Eselon II. Pendaftaran dilakukan secara online, pada 17-28 Februari 2022.

“Kami mengundang PNS yang memenuhi syarat untuk ikut seleksi terbuka dan kompetitif pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Agama,” kata Sekjen Kemenag, Nizar Ali dalam siaran pers, Rabu (16/2/22).

Pelamar mendaftar secara online melalui laman resmi pendaftaran Seleksi Terbuka JPT Kementerian Agama pada alamat https://ropeg.kemenag.go.id/apps/seleksijpt/.

Pelamar wajib mengunggah seluruh hasil scan dokumen persyaratan asli dalam bentuk file pdf maksimal 3MB per file sesuai dengan urutan.

“Panitia tidak menerima dokumen dalam bentuk hardcopy. Jika kesulitan dalam mengunggah dokumen persyaratan, pelamar dapat menghubungi Sekretariat Panitia Seleksi di gedung Kementerian Agama,” ucap Nizar yang juga ketua panitia seleksi.

Pelamar yang dinyatakan selesai proses pendaftaran adalah pelamar yang telah mendapat kartu tanda bukti pendaftaran online.

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Nurudin menambahkan, panitia selanjutnya akan melakukan seleksi dokumen persyaratan yang telah diunggah pelamar. Seleksi Administrasi menggunakan sistem gugur.

“Pelamar yang dinyatakan berhak mengikuti seleksi kompetensi adalah pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi,” ucap Nurudin seraya menambahkan hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 5 Maret 2022.

Seleksi Kompetensi, lanjut Nurudin, meliputi assesmen kompetensi, penulisan makalah, wawancara akhir dan rekam jejak. Assesmen Kompetensi berlangsung pada 9-11 Maret 2022.

Untuk penulisan makalah dijadwalkan pada 14 Maret 2022. Sedangkan wawancara akhir berlangsung pada 19-20 Maret 2022.

Pelamar yang telah mengikuti seluruh tahapan seleksi kompetensi, diminta melampirkan surat keterangan sehat jasmani dari dokter umum dan surat keterangan sehat rohani dari dokter jiwa/psikiater serta surat keterangan bebas narkoba dengan hasil laboratorium. Penyampaian hasil tes kesehatan pada 23 Maret 2022.

“Hasil akhir seleksi akan mencantumkan daftar tiga nama pelamar berdasarkan peringkat nilai terbaik per jabatan yang disusun berdasarkan urutan abjad,” tegas Nurudin.

Pengumuman hasil akhir seleksi pada 30 Maret 2022. Seluruh tahapan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Berikut daftar jabatan tinggi pratama yang dilelang terbuka, antara lain Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi pada Sekretariat Jenderal;
Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu pada Sekretariat Jenderal;
Inspektur Wilayah III pada Inspektorat Jenderal; Sekretaris pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah; Direktur Bina Haji pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Selain itu masih ada jabatan Sekretaris pada Ditjen Bimbingan Masyarakat Hindu; Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi pada Badan Litbang dan Diklat; Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan; Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung; Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat.

Jabatan lainnya adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku; Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat; Kepala Biro AUPK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang; Kepala Biro AUPK UIN Antasari Banjarmasin; Kepala Biro AAKK UIN Alauddin Makassar; Kepala Biro AAKK UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. (Tri Wahyuni)

Related posts