Suara Karya

Kemenag: Ibadah Umrah Dibuka Kembali 8 Januari

JAKARTA (Suara Karya): Pelaksanaan ibadah umrah akan dibuka kembali 8 Januari 2022. Karena masih pandemi, penyelenggara diminta mematuhi protokol kesehatan baik di Indonesia, maupun di Arab Saudi.

“Protokol kesehatan penting untuk memberi perlindungan terhadap para jamaah,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief dalam siaran pers, Kamis (6/1/22).

Menurut Hilman, pihaknya telah menggelar rapat lintas Kementerian/Lembaga terkait Penyelenggaraan Ibadah Umrah tahun 1443 H pada 3 Januari 2022. Hilman juga sudah mendapat arahan dari Menag Yaqut Cholil Qoumas tentang keharusan penerapan protokol kesehatan ketat.

“PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) yang akan memberangkatkan jemaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH,” ucap Hilman.

Ketentuan lain, disebutkan, keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight) melalui Bandara Soekarno Hatta. Kepulangan jemaah umrah juga harus mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

“Keberangkatan 4 penerbangan awal mengacu Kebijakan Umrah Satu Pintu (one gate policy) dengan menggunakan asrama haji Jakarta sebagai lokasi screening kesehatan. Titik awal keberangkatan dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU,” jelas Hilman

Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kab/Kota wajib melakukan pengawasan keberangkatan jemaah umrah di wilayah kerjanya.

Hilman menambahkan, pihaknya telah bersurat kepada PPIU dan Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia terkait dengan ketentuan penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi ini. (Tri Wahyuni)

Related posts