Kemenhub Atur Penggunaan Drone untuk Keselamatan Penerbangan

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, menerbitkan regulasi penggunaan pesawat tanpa awak (drone) di wilayah udara Indonesia. Hal ini mengingat erat hubunganya pengaturan operasional penggunaan drone dengan aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan dalam sektor penerbangan.

Hal tersebut disampaikan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti saat membuka acara Diskusi Menata Drone di Langit Pertiwi bekerjasama dengan Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub) dengan tema “Potensi dan Penerapan sebagai Angkutan Logistik Udara Indonesia” di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Polana mengatakan, sebagai otoritas penerbangan sipil di Indonesia, salah satu tugas adalah memberikan pemahamanan dan sosialiasi yang luas kepada masyarakat bahwa dalam menerbangkan drone harus memahami regulasinya.

Pemerintah telah menerbitkan beberapa regulasi untuk mengatur penggunaan drone di ruang udara Indonesia, antara lain Peraturan Menteri Perhubungan No. 180/2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak di Ruang Udara yang Dilayani Indonesia dan CASR part 107 Small Unmanned Aircraft System.

“Dulu kita mengenal drone sebagai fotografi, hobi, selfi. Dengan perkembangan drone banyak permintaan sebagai kargo maupun delivery oleh beberapa perusahaan e-commerce bahkan membawa penumpang. Drone masuk dalam kategori aircraft dan patut diperhitungkan ke depannya, untuk itu, drone menjadi perhatian karena menyangkut aspek keselamatan dan keamanan,” kata Polana.

Dia menambahkan, drone dimasa akan semakin berkembang dan menjadi salah satu pilihan sebagai salah satu transportasi udara yang dapat menjangkau pulau-pulau kecil di Indonesia.

Diskusi dikawal oleh moderator Hemy Pamuraharjo, Dosen STPI Curug dengan narasumber di antaranya, Direktur Operasi AirNav Indonesia, Mokhammad Khatim  Plt VP Airport Safety PT Angkasa Pura I, Salim, Direktur Teknik  PT Angkasa Pura II, Djoko Murjatmojo, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha PT Garuda Indonesia, Mohammad Iqbal, Kasubdit Operasi Navigasi Penerbangan Dirjen Perhubungan Udara Hasan Bashori, Perwakilan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Johannes Tangke, Ketua Forwahub Ihsan Amin serta pejabat di lingkungan Kemenhub dan Ditjen Hubud. (Indra DH)