Suara Karya

Kesempatan Magang di LN, Program IISMA 2023 Dibuka!

JAKARTA (Suara Karya): Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) akan kembali dibuka pada Februari 2023. Ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk merasakan pembelajaran serta magang di kampus dan industri luar negeri.

Hal itu dikemukakan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Kiki Yuliati, secara daring pada Selasa (24/1/23).

Dijelaskan, Program IISMA yang menjadi bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) itu akan berlangsung selama satu semester. Pendaftaran dibuka mulai 18 Februari hingga 1 Maret 2023.

Sosialisasi Program IISMA jalur Sarjana dan Vokasi 2023 tersebut dihadiri pimpinan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II (Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung), dan wilayah VIII (Bali dan NTB).

Selain itu hadir pimpinan LLDikti Wilayah IX (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat), X (Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau), XI (Kalimantan), XII (Maluku dan Maluku Utara), XIV (Papua dan Papua Barat), XV (NTT), serta XVI (Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Barat).

Kegiatan tersebut juga diikuti pimpinan perguruan tinggi, perwakilan kantor urusan internasional, dekan, kaprodi, dosen, serta mahasiswa.

Program IISMA jalur sarjana telah diselenggarakan sejak 2021, sedangkan jalur vokasi baru pada 2022. Selain perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan di perguruan tinggi penerima di luar negeri, bagi peserta IISMA jalur vokasi dapat kesempatan magang di industri terkemuka.

Mitra Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) yang bergabung dalam IISMA 2023, antara lain dari Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan Australia untuk program sarjana. Pada program vokasi, kerja sama negara Amerika Serikat, Belanda, Italia, dan Perancis.

Di deretan mitra PTLN, ada nama perguruan tinggi top dunia seperti Yale University, University College London, dan University of Edinburgh.

Mahasiswa vokasi yang ikut program IISMA dapat dua kesempatan, selain belajar di kampus mancanegara, juga pengalaman magang di perusahaan internasional.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek, Sri Gunani Partiwi mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan untuk belajar, mencari pengalaman, dan mengembangkan jejaring internasional.

“Saya percaya program IISMA ini akan mengubah hidup kalian,” ucapnya menegaskan.

Secara keseluruhan, sosialisasi Program IISMA 2023 dipimpin Andi Rahadiyan Wijaya, selaku Senior Manager Operasional dan pengelola Program IISMA jalur sarjana. Sedangkan jalur vokasi, dipimpin Hilda Cahyani, selaku Senior Manager Pengembangan Program dan Kemitraan IISMA.

Dalam kegiatan yang dihadiri lebih dari 2.000 peserta itu memberi pemahaman komprehensif terkait program IISMA, alur pendaftaran, ketentuan umum dan persyaratan, hak dan kewajiban bagi penerima beasiswa (awardee), serta berbagai informasi penting lainnya. (Tri Wahyuni)

Related posts