Ketua DPD RI: Anak Wajib Berbakti kepada Orang Tua

0

TANJUNG PINANG (Suara Karya): Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattiliti menyatakan prihatin terhadap kisah viral lansia perempuan (65) yang dititipkan oleh ketiga anaknya ke panti jompo. Hal yang tidak seharusnya terjadi jika anak cucunya tahu mengabdi pada orang tuanya.

“Suasana kebatinan saya tak menentu membaca dan mendengar berita itu. Ada perasaan sedih, prihatin, marah, campur aduk menjadi satu. Saya tidak terbayang, bagaimana bisa seorang anak lupa akan jasa orang tua yang telah melahirkan dan membesarkan dengan ikhlas,” kata LaNyalla di sela-sela kunjungan kerjanya ke Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (2/11/2021).

Menurut LaNyalla, tak semestinya kisah itu terjadi jika anak-anak tahu cara mengabdi kepada orang tua yang telah melahirkannya. Kisah Trimah ini viral setelah ketiga anaknya menyampaikan surat penyerahan ibunya ke Panti Jompo Griya Lansia Husnul Khatimah, Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dalam surat tersebut, terungkap bahwa ketiga anaknya menyerahkan sepenuhnya sang ibu ke panti apabila ibunya meninggal nanti. Namun, sebelum dibawa ke panti jompo, nenek Trimah yang dalam kondisi sedang sakit stroke sempat dititipkan untuk tinggal di rumah kakaknya.

“Kisah pilu ini harus menjadi pelajaran berharga untuk siapapun. Kita semua tidak boleh menyia-nyiakan ibu yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Jadi, tidak ada alasan sibuk atau berkesusahan ekonomi, sehingga tidak mau merawat ibu,” kata LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur sangat menyesalkan sekaligus mengingatkan bahwa merawat orang tua, terlebih lagi seorang ibu, akan memberi keberkahan hidup serta kebahagiaan.

“Membuang ibu yang sudah membesarkan kita sama artinya menggali kesusahan diri sendiri karena akan dihantui rasa bersalah dan kesedihan,” tandasnya.

LaNyalla berpesan agar anak tak menyia-nyiakan waktu untuk berbakti kepada orang tua. Dia mengingatkan kesibukan jangan sampai mengabaikan orang tua.

“Saya berpesan, rawatlah ibu kita. Sebanyak apapun materi yang kita berikan kepada ibu tidak akan dapat membayar apa yang sudah ibu kita berikan kepada kita,” ujarnya.

LaNyalla sendiri merupakan figur yang sangat dekat dengan Ibundanya. Bahkan, di tengah agendanya yang super padat dirinya masih meluangkan waktu berkunjung dan untuk pamit bila bepergian.

“Janganlah menjadi anak durhaka kepada ibu. Sebab tanpa goresan tangan ibu, kita tidak akan menjadi apa-apa,” ucap LaNyalla.(indra)