Suara Karya

Ketua Satgas Covid-19 Sidak Pelaksanaan Vaksinasi di Rusun Petamburan

JAKARTA (Suara Karya): Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi agar memiliki ketahanan tubuh terhadap covid-19.

Hal itu disampaikan Ganip saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Rumah Susun (Rusun) Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (22/7/21).

Menurut Ganip dalam siaran pers yang dikeluarkan Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), program vaksinasi untuk mendukung tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) itu diselenggarakan sesuai perintah Presiden Joko Widodo.

Lewat pemberian vaksinasi, diharapkan masyarakat dapat lebih terjaga dari covid-19. Tentunya, hal itu juga harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan dilaksanakan secara konsisten.

“Ini sesuai perintah Presiden Joko Widodo,” ucap Ganip yang juga menjabat sebagai Kepala BNPB tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi itu, menurut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, menjadi contoh nyata upaya pemerintah untuk hadir di tengah masyarakat, guna menjamin keselamatan dan pelayanan terbaik.

Adapun kegiatan vaksinasi yang digelar di Rusun Petamburan menyasar wilayah tersebut, yang masih rendah capaian penerimaan vaksinasinya. Termasuk warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai Ciliwung dan Tanah Abang, serta warga yang bermukim di pinggiran rel kereta api dan sekitarnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengemukakan, kegiatan vaksinasi merupakan upaya ‘jemput bola’ dari pemerintah kepada masyarakat. Sasarannya adalah wilayah permukiman padat penduduk yang belum terjangkau seperti Rusun Petamburan dan sekitarnya.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Panglima TNI dan Kapolri juga memberi bantuan berupa sembako bagi para penerima vaksin. Bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) unthk memutus rantai penularan covid-19.

Salah satu warga penerima vaksin yang tinggal di Rusun Petamburan, Iswandi, program vaksinasi yang digelar di lokasi permukiman padat penduduk dinilai bagus. Karena warga tak perlu pergi jauh dari rumah. Selain itu, persyaratan juga mudah, karena cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Warga semangat ikut vaksinasi, karena gak perlu repot jalan ke Puskesmas atau ke fasilitas kesehatan lain. Hemat biaya, waktu dan tenaga. Jadi tak ada alasan bagi warga untuk menolak vaksinasi,” tuturnya.

Adapun pelaksanaan vaksinasi diinisiasi oleh empat pilar mulai dari Kecamatan Tanah Abang, Koramil Tanah Abang, Polsek Tanah Abang dan Dinas Kesehatan setempat. Program tersebut telah dilakukan sejak Kamis (15/7/21) lalu. Program tersebut akan berlangsung hingga akhir Juli 2021, dengan target sasaran 500 orang per hari. (Tri Wahyuni)

Related posts