Kian Berkualitas, Uhamka Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

0

JAKARTA (Suara Karya): Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka (Uhamka) berhasil meraih sertifikat akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dengan Surat Keputusan No 290/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022.

Berkat raihan itu, Uhamka kini masuk dalam jajaran 31 perguruan tinggi terakreditasi Unggul, dari total 2.887 perguruan tinggi di Indonesia.

“Perolehan sertifikat akreditasi dari BAN-PT ini menjadi kado istimewa di hari pelaksanaan wisuda magister, sarjana dan ahli madya Uhamka tahun 2022 gelombang kedua,” kata Prof Gunawan Suryoputro di Jakarta, Selasa (28/6/22).

Sebelumnya, Uhamka telah meraih akreditasi Unggul untuk Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). “Perolehan akreditasi Unggul untuk lembaga, semakin memperkuat komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas,” ujarnya.

Prestasi lain yang mengukuhkan Uhamka sebagai Unggulan, antara lain, penghargaan sebagai perguruan tinggi Islam terbaik se-DKI Jakarta, peringkat pertama versi ‘impact’ Webomatrics dari perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aiysiyah se Indonesia-Malaysia.

“Uhamka juga terpilih sebagai Top 5 atas implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” tutur Prof Gunawan.

Prestasi gemilang itu pantas diraih Uhamka, karena komitmennya dalam meningkatkan kurikulum, sarana prasarana dan teknologi serta dalam bidang pendidikan. “Keberhasilan ini tidak bisa diraih sendirian, tetapi kerja bersama antara dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan stakeholder Uhamka,” ujarnya.

Sebagai informasi, akreditasi Unggul adalah capaian tertinggi bagi universitas di Indonesia. Akreditasi itu dilakukan penilaian oleh BAN-PT dengan memperhatikan 9 kriteria, yaitu visi, misi, tujuan dan sasaran; tata pamong, tata kelola dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; serta luaran dan capaian tridharma. (Tri Wahyuni)