KKP Dukung FAO Gelar Festival Pahlawan Pangan

0
Sekjen KKP Antam Novambar. ANTARA/HO-KKP

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) guna menggelar “Food Heroes Festival” atau Festival Pahlawan Pangan dalam rangka menghargai produsen pangan, terutama masa pandemi ini.

“Kegiatan tersebut relevan dengan visi misi KKP untuk menjadikan produk-produk kelautan dan perikanan sebagai solusi pemenuhan pangan bagi rakyat Indonesia, untuk menjadikan produk perikanan sebagai aset dan harapan masa depan keamanan pangan nasional,” kata Sekjen KKP Antam Novambar dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

Ia mengingatkan pandemi global COVID-19 membuat kita menghargai berbagai hal penting dalam kehidupan, terutama pangan yang merupakan inti kehidupan, budaya dan komunitas Indonesia.

Mempertahankan akses pada pangan yang aman dan bergizi, lanjutnya, merupakan respons yang tak terpisahkan saat menghadapi pandemi COVID-19.

“Di saat seperti ini, kita sadar tidak bisa menikmati makanan laut atau perairan yang tersedia di meja makan tanpa para pahlawan pangan. Mereka ada di sekitar kita, nelayan, pembudidaya, pekerja di seluruh sistem pangan termasuk penggerak di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil,” katanya.

Sekjen KKP Antam Novambar menegaskan tindakan kepahlawanan dalam pangan terutama dari laut, pesisir dan perairan pedalaman, adalah tindakan sederhana yang dapat dilakukan oleh semua orang.

Hal itu, ujar dia, misalnya dengan menghargai makanan dari beragam jenis ikan laut, kekerangan, rumput laut, atau membeli produk lokal, makan ikan dan biota laut ekonomis lainnya, termasuk melakukan budidaya ikan, menjaga kelestarian laut agar sehat dan berkelanjutan serta menghindari pemborosan makanan.

Terkait gelaran World Food Day 2020 dalam bulan Oktober ini, dalam rangka Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober, KKP mengapresiasi FAO Indonesia yang menggelar rangkaian acara digital.

Rangkaian acara tersebut antara lain Social Media Giveaway pada tanggal 3 – 24 Oktober 2020, di mana warganet didorong untuk mempublikasikan foto dan cerita mereka dengan hastag: #WorldFoodDay #HariPanganSedunia #FoodHeroes.

Kemudian, Pameran Virtual yang menampilkan pahlawan pangan dalam proyek-proyek FAO di Indonesia pada 16 Oktober 2020. Selanjutnya, Kontes Poster Global: Kontes poster tradisional yang diadakan setiap tahun untuk merayakan Hari Pangan Sedunia.

Terakhir, Food Hero Day: Workshop virtual dan talkshow atau bincang tentang Pahlawan pangan di Indonesia pada tanggal 30 Oktober 2020. (M Chandra)