KKP Gelar Aquatica Asia dan Indoaqua Conference & Expo 2019

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya bekerja sama dengan PT. Global Permata Perkasa dan Trobos Communication menggelar Aquatica Asia dan Indoaqua Conference & Expo 2019, dengan tema “Aquaculture Forever”, di Balai Kartini Jakarta, 6-7 November 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menginginkan spesies perikanan unggulan di berbagai daerah, dapat diperbanyak pembudidayaannya.

“Ini sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah sektor kelautan nasional,” kata Edhy di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Selain itu, Edhy juga menegaskan bahwa pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal merupakan tugas bersama, di mana KKP bertugas untuk menjaga laut Indonesia dari para pencuri.

“Kami juga memastikan nelayan dan pembudidaya mendapatkan penghasilan yang layak, sehingga tercipta kesejahteraan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan, bahwa semakin banyak lagi spesies komoditas sektor kelautan dan perikanan unggulan yang dibudidayakan di Tanah Air.

Dia mengungkapkan, selain ikan King Cobia yang diluncurkan dalam pameran Indoaqua 2019, saat ini pihaknya juga telah mengembangkan antara lain udang jenis jerbung.

Perlu diketahui, keunggulan King Cobia itu memiliki tingkat pertumbuhan yang pesat serta tingkat survival rate hingga 80-90 persen. King Kobia juga diklaim memiliki pangsa pasar ekspor yang luas seperti Jepang, Thailand, dan negara-negara di kawasan Uni Eropa, (Rizal Cahyono)