Kodim 0405 Lahat Temukan Ladang Ganja Seluas 1 Hektare

0
Jajaran Kodim 0405 Lahat, Sumatera Selatan, menemukan ladang ganja seluas 1 hektare di kawasan Tebing Meranti, Talang Renai Payang, Desa Linggae, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang, pada Sabtu (5/1/2019).. (Foto: Dok Sumatera Ekspres)

JAKARTA (Suara Karya): Aparat TNI dari jajaran Kodim 0405 Lahat, Sumatera Selatan, menemukan ladang ganja seluas 1 hektare di kawasan Tebing Meranti, Talang Renai Payang, Desa Linggae, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang, pada Sabtu (5/1/2019).

“Ya, penemuan lahan hanja ini, bermula dari adanya laporan masyarakat. Atas laporan itu, kami langsung bergerak dengan menurunkan 15 personel ke lokasi. Kita berjalan menaiki perbukitan sekitar 15 kilometer, lalu mendapati ada puluhan pohon ganja yang siap panen,” ujar Komantan Kodim (Dandim) 0405 Lahat, Letnan Kolonel (Letkol) Kaveleri, Sungudi, kepada wartawan, Sabtu (5/1/2019).

Setelah menyisir di daerah sekitar perbukitan, pihaknya menemukan ratusan pohon ganja di lokasi tersebut. “Puluhan pohon sudah dipanen, karena ada bekas pemotongan. Sayangnya, saat dilakukan penyiriran, petuga tidak menemukan pelaku, karena sudah lebih dulu kabur,” ujarnya.

Ratusan pohon ganja itu langsung disita petugas sebagai barang bukti untuk diserahkan kepada Polres Empat Lawang agar ditindaklanjuti.

“Lokasi perbukitan, memang menjadi tempat strategis bagi pelaku untuk menanam ganja tanpa diketahui pihak aparat,” ujar Pasi Intel Kodim 0405 Lahat, Kapten Chb Purwadi menambahkan.

Menurut dia, wilayah yang strategis dan sulit dijangkau, membuat para pelaku dengan aman dan mudah untuk menanam ganja dan jauh dari pantauan pihak keamanan.

“Temuan ini akan langsung kami limpahkan ke pihak kepolisian,” kata Purwadi. (Gan)