Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa UNJ Luncurkan Laboratorium Digital Entrepreneurship cariguru.id

0

JAKARTA (Suara Karya) : Koordinator Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Dr. Osly Usman, M.Bus bangga, Kolaborasi dosen dan mahasiswa UNJ dapat meluncurkan digital entrepreneurship cariguru.id.

“Saat ini mahasiswa tidak bisa dituntut hanya menguasai bidang keilmuan sesuai program studi yang dipilihnya, namun mahasiswa perlu menguasai kompetensi lain sebagai suplemen. Dengan harapan, ketika lulus mereka lebih berdaya saing di dunia usaha dan industri,”tegas Dr. Osly Usman, M.Bus di Jakarta, kemarin.

Upaya menjawab semua itu, Prodi Bisnis Digital UNJ bersama dengan para mahasiswa meluncurkan Situs cariguru.id, 6 November 2021. “Sebagai media Laboratorium Digital Entrepreneurship, cariguru.id merupakan sebuah situs yang memfasilitasi kebutuhan pengguna dalam mencari tutor atau guru,”katanya.

Osly Usman melanjutkan, ide Cariguru.id didasari pertimbangan bahwa, UNJ merupakan perguruan tinggi yang memiliki kompetensi inti dalam menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas. Dengan begitu, untuk mencari profil tutor atau guru pada berbagai disiplin ilmu, bukanlah suatu hal yang sulit.

Hal senada dikatakan penggagas lainnya yang juga salah satu dosen Prodi Bisnis Digital, Terrylina A. Monoarfa, SE, MM. “Cariguru.id akan membuka peluang seluas-luasnya kepada rekan-rekan mahasiswa ataupun pengajar untuk dapat bergabung dalam cariguru.id dan tugas kami adalah memasarkan para tutor dan guru tersebut kepada para pengguna jasa.”katanya.

Terrylina mengatakan, mengapa Cariguru.id dijadikan sebagai Laboratorium Digital Entrepreuneurship? Karena membangun sebuah bisnis digital tentunya bukan hal yang sederhana. Tak cukup hanya keahlian merancang bangun situs saja, tapi pengelolanya harus mahir, juga untuk memelihara situs dengan melakukan pengisian dan pengkinian konten.

Lebih penting dari itu adalah bagaimana pengelola mampu menigkatkan traffic dan monetisasi agar situs ini tersosialisasikan kepada publik. Dengan harapan, dapat meramaikan aktivitas pada situs untuk menggugah kepercayaan masyarakat dan menggunakan jasa yang ditawarkan.

Melalui cariguru.id mahasiswa akan terlibat secara langsung tentang bagaimana tata kelola bisnis digital yang sesungguhnya. Dimulai dari nol hingga membangun strategi agar bisnis itu mampu tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Guna mengembangkan Cariguru.id Program Studi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi UNJ juga berkolaborasi dengan para praktisi bisnis digital. Sebagai sosialisasi awal, maka pada Focus Group Discussion yang diadakan di Sentul-Bogor 7 November 2021.

“Telah hadir CEO Djurnee.id (Indra Fahlevy), CEO tandatangan.io (Shandy Aditya BIB., MPBS). Hadir pula mentor dari Apple Academy (Atikah Aulia Putri) turut memberikan masukan dan tips-tips kepada para mahasiswa tentang bagaimana mengelola cariguru.id agar mampu bertahan dalam persaingan bisnis masa kini,”katanya. (Warso)