Kolaborasi Penmas FIP UNJ dan KPPU dalam Program Kepatuhan Persaingan Usaha

0

JAKARTA (Suara Karya): Laboratorium Program Studi Pendidikan Masyarakat (Penmas), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berkolaborasi dengan Direktorat Advokasi Persaingan dan Kemitraan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam pengembangkan Program Kepatuhan Persaingan Usaha.

“Setelah kesepakatan itu ditandatangani, kami langsung gerak cepat dengan membentuk tim dosen untuk membahas program tersebut lebih lanjut,” kata Kepala Laboratorium Prodi Penmas FIP UNJ, Dr Henny Herawaty Br Dalimunthe, di Jakarta, Selasa (26/7/22).

Henny menjelaskan, kegiatan pendampingan merupakan bagian dari peran dosen dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Pendampingan itu akan menyatukan persepsi tim dosen Penmas dengan Tim Satuan Tugas Advokasi Persaingan dan Kemitraan dalam menetapkan Standar Kompetensi Partisipan.

“Nantinya akan dihasilkan turunan rancangan program pembelajaran,” ujarnya.

Ditambahkan, hasil fokus diskusi akan menghasilkan kesepakatan dalam mengembangkan kurikulum Program Kepatuhan persaingan usaha, yang meliputi Kode Etik, Panduan Kepatuhan, Pelaksanaan Sosialisasi, Penyuluhan dan Pelatihan dalam rangka Kepatuhan di Perusahaan.

Henny menilai, kerja sama itu penting mengingat masih banyak badan usaha yang melanggar Undang-Undang (UU) No 5 Tahun 1999 tentang Pelarangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Karena itu penting dilakukan edukasi seputar hal itu melalui pendidikan.

Kegiatan pendampingan dilakukan oleh Kepala Prodi S1 Penmas FIP UNJ, Drs Sri Koeswantono; Kepala Prodi S2 Penmas FIP UNJ, Karta Sasmita, SPd, MSi, PhD, Prof Anan Sutisna, Prof Durotul Yatima, serta dosen senior maupun yunior di Penmas FIP UNJ. (Tri Wahyuni)