Kolostrum Sapi Bagus untuk Kesehatan Kulit Bayi, Fakta atau Mitos?

0

JAKARTA (Suara Karya): Kolostrum yang kaya akan protein, vitamin, mineral dan antibodi, ternyata tak hanya baik dikonsumsi, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Terutama kulit bayi yang biasanya lebih sensitif dibanding orang dewasa.

“Jadi, bukan mitos jika kolostrum itu baik digunakan untuk kulit bayi. Berbagai penelitian menunjukkan kolostrum bisa memperbaiki barrier (sawar) kulit,” kata dokter spesialis kulit, Arini Widodo dalam acara yang diadakan produk perawatan kulit bayi ‘Pure Baby’ secara daring, Kamis (17/3/22).

Sebagai informasi, kolostrum adalah air susu pertama yang dihasilkan kelenjar susu mamalia pada tahap akhir kehamilan atau beberapa hari setelah proses melahirkan. Kolostrum berwarna kekuningan dengan tekstur kental dan pekat, serta mengandung nutrisi yang tinggi.

Arini menjelaskan, bayi setelah dilahirkan akan beradaptasi dengan lingkungan baru. Karena itu, kulit bayi masih rentan terhadap berbagai faktor pemicu iritasi sehingga penting untuk memilih produk perawatan untuk melindungi barrier kulitnya.

“Berbagai riset menunjukan manfaat kolostrum secara oral dan manfaat lain untuk kulit secara topikal,” ujarnya.

Mengutip hasil penelitian Archives of Dermatological pada 2017, disebutkan ada tiga hal yang membuat kulit bayi sensitif, yakni bayi memiliki lapisan epidermis terluar (stratum korneum) yang lebih tipis; proses penyerapan dan penguapan air di kulit bayi lebih cepat dibandingkan orang dewasa.

Selain faktor pelembab alami dan produksi lipid kulit pada bayi lebih sedikit dibanding orang dewasa, sehingga kulit bayi lebih mudah kehilangan kelembapan. Dengan demikian, kulit bayi butuh perawatan khusus, berbeda dengan kulit orang dewasa pada umumnya.

Berbagai penelitian seputar manfaat kolostrum untuk kesehatan kulit bayi menjadi landasan bagi PT Barclay Products dalam menciptakan produk perawatan bayi, Pure Baby.

Seperti dikemukakan Head Brand Portfolio Strategy & Innovation Pure Baby, Rizma Ariefiani, kolostrum yang terdapat dalam setiap produk Pure Baby berasal dari sapi yang diekstrak dengan teknologi tinggi. Penggunaan estrak kolostrum sapi untuk perawatan kulit bayu itu juga sudah teruji secara dermatologi.

“Pure Baby juga tidak menggunakan bahan yang menyebabkan alergi (non-allergy formula), dibuat dengan formula pH seimbang (5,5) dan dibuat tanpa tambahan SLS maupun paraben dan pewarna, guna memberi manfaat menyeluruh bagi kulit bayi,” tutur Rizma seraya menambahkan produk tersebut sudah tersertifikasi Halal MUI.

Menyadari pentingnya memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit bayi yanh mendasari Tengku Dewi Putri untuk memilih Pure Baby sebagai produk perawatan bagi bayinya. Sebagai ibu muda yang juga aktif berkarier, Tengku Dewi Putri mengaku senang karena Pure Baby membantunya menjaga kulit sang buah hati.

“Formula yang aman, terjamin kualitasnya dan memiliki manfaat ekstrak kolostrum merupakan tiga alasan saya memilih produk Pure Baby,” ujar Tengku Dewi Putri menandaskan. (Tri Wahyuni)