Komarudin Berikan Apresiasi UNJ Sukses Gelar Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional 2021

0

JAKARTA (Suara Karya) : Rektor UNJ Prof.Dr. Komarudin, M.Si, bersyukur Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sukses menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) 2021.

“Alhamdulillah MTQMN babak final yang dilaksanakan mulai 1 hingga 8 November 2021 berjalan dengan lancar. Semoga melalui lomba ini menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, dan berprestasi dalam bidang Tilawatil Quran,”kata Komarudin di Jakarta, kemarin.

Begitu juga Tartil Quran, Hifzhil Qur’an dan Syarhil Quran untuk mempromosikan seni bacaan Al-Qur’an sebagai salah satu bentuk ekspresi keberagamaan yang perlu dipelihara. Selanjutnya, meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Al-Qur’an, memperkenalkan model baru Musabaqah Tilawatil Qur’an dengan memanfaatkan media daring.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Suku, S.Pd., M.Si. mengatakan, lomba MTQMN 2021 diharapkan dapat membangun semangat kolaborasi dengan berbagai instansi. Semua itu tidak lain sebagai upaya menyiapkan wadah kompetisi positif di tengah situasi bangsa pasca Covid 19.

Disamping itu katanya, dapat memperkenalkan Universitas Negeri Jakarta sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki perhatian terhadap pengembangan nilai-nilai Al-Qur’an dalam mengembangkan kultur akademiknya.

Sementara Ketua Panitia Lomba Syamsi mengatakan, lomba MTQMN UNJ Tahun 2021 yang mengusung Tema “Optimisme Membangun Indonesia Unggul di Tengah Pandemic dengan Inspirasi Al-Qur’an” menggelar 6 Cabang Lomba yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur’an Putra dan Putri, Musabaqoh Tartil Qur’an Putra dan Putri, Musabaqoh Hifzhil Qur’an 5 Juz Putra dan Putri, Musabaqoh Hifzhil Qur’an 10 Juz Putra dan Putri, Musabaqoh Hifzhil Qur’an 20 Juz Putra dan Putri Musabaqoh Syarhil Qur’an.

Menurutnya MTQMN UNJ Tahun ini diikuti 401 peserta yang terdaftar dari 106 Perguruan Tinggi dari 17 Provinsi Se-Indonesia. Adapun para juara.yang tampil sebagai berikut: Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an Putra tampil juara Muhammad Zahron Nasywa dari Universitas Negeri Jakarta, tempat kedua Muammar Raihan (Institut PTIQ Jakarta), posisi ketiga diraih Apipurahman
(Politeknik Negeri Banjarmasin)

Adapun.dalam.lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an PutrI, tampuk.juara diraih Prima Miftahul Jannati dari
Universitas Gadjah Mada, kedua
Adilla Kamiliah Putri (Universitas Negeri Jakarta) diikuti Nurfitriani dari
UIN Suska Riau juara 3.

Lomba Musabaqoh Tartil Qur’an Putra juara diraih Ahmad Rizki Nurfadilah dari Universitas Negeri Jakarta, kedua
Imam Fachrudin (Universitas Pamulang) dan ketiga M. Agussalim dari Institut PTIQ Jakarta.

Lomba Musabaqoh Tartil Qur’an Putri tampuk.juara diraih Indah Maharani dari Institut Pertanian Bogor, posisi kedua diambil Zulfa Himawati dari
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, ketiga jatuh ketangan
Nuriyatus Sholihah dari UPN Veteran Yogyakarta.

Lomba Musabaqoh Hifzhil Qur’an 5 Juz Putra keluar sebagai juara Khairul Umam dari Institut PTIQ Jakarta, kedua diambil T. Hidayat Syah dari
Universitas Syiah Kuala, juara tiga diraih Mohammad Royan dari
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Adapun lomba Musabaqoh Hifzhil Qur’an 5 Juz Putri juara diraih Hasnawia dari Institut PTIQ Jakarta, posisi.kedua diraih Baiq Dara Wulandari Saputri dari Universitas Muhammadiyah Malang, ketiga diraih
Siti Marya Ulpah dari Universitas Pendidikan Indonesia.

lomba Musabaqoh Hifzhil Qur’an 10 Juz Putra juara jatuh ketangan
Muhammad Arif Syafaat dari
Institut PTIQ JAKARTA, kedua
Ahmad Farid Anam dari
Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember, ketiga Alfin Firkhan Maulana dari Institut PTIQ JAKARTA.

Lomba Musabaqoh Hifzhil Qur’an 10 Juz Putri juara Dzakiyyah Agustira SJ dari Institut PTIQ Jakarta, kedua
Siti Marya Ulpah dari Universitas Pendidikan Indonesia, ketiga
Aslikhatul Ummah dari
Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang.

Lomba Musabaqoh Hifzhil Qur’an 20 Juz Putra juara diraih Moh Sobrun Adi Pratama dari IAIN Madura, kedua
Muhammad Pais Ashari dari Institut PTIQ Jakarta, ketiga Muhammad Yusuf Hamdani dari Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo.

Lomba Musabaqoh Hifzhil Qur’an 20 Juz Putri juara diraih Fela Sufah Aidatul Izzah dari Universitas Islam Indonesia, kedua Inggit Rahma Sari dari Institut PTIQ Jakarta, ketiga Naila Zahro Almuna dari IAIN Metro Lampung.

Lomba Musabaqoh Syarhil Qur’an
Rei Syech Jehan Efendi & Tim
Universitas Negeri Malang tampil sebagai.juara, kedua Sulistiana Suyatmi Anjeli & Tim
IAIM NU Metro Lampung dan ketiga
Dzikri Mursyid H & Tim
Univesitas Negeri Jakarta. (Warso)