Komnas HAM Tagih Janji Jokowi Soal Penuntasan Kasus Pelanggaran HAM

0
Komisioner Komnas HAM, Khairul Anam

JAKARTA (Suara Karya): Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih memiliki pekerjaan rumah (PR) terkait penyelesaian berbagai kasus pelanggaran HAM berat masa lalu. Laporan yang disampaikan Komnas HAM, diharapkan jadi rujukan bagi Jokowi untuk menuntaskannya.

Demikian dikemukakan komisioner Komnas HAM, Mohammad Choirul Anam, dalam peluncuran laporan tahun 2018, di gedung Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

“Kami terus mengingatkan, dan di sebuah forum pidato publik kemarin, presiden mengatakan tidak ada beban. Ketika beliau mengatakan tidak ada beban, kami teringat pertemuan Komnas HAM dengan presiden pada bulan Juni 2018. Setidaknya ada dua kasus yang menjadi perhatian untuk segera dituntaskan. Yakni kasus yang terjadi di wilayah Aceh dan Papua,” ujar Anam.

Terkait dua kasus itu, Anam berharap dalam periode kedua ini, Presiden Jokowi bisa menyelesaikannya. “Ini penting sekali. Kalau enggak, konteks (pernyataan) tidak ada beban itu tidak ada maknanya. Secara politik, ya nggak berefek apa-apa,” kata dia menambahkan. (Gan)