Kompetisi Beasiswa OSC 2020 Diluncurkan, Mendikbud Beri Apresiasi

0
(Suarakarya.co.id/Tri Wahyuni)

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberi apresiasi kompetisi beasiswa kuliah OSC (Online Scholarship Competition) yang digagas Medcom.id. Karena pemajuan pendidikan tak bisa dijalankan pemerintah sendirian, butuh peran swasta didalamnya.

“Kompetisi beasiswa OSC 2020 adalah kontribusi nyata dari swasta dalam memajukan pendidikan di Tanah Air,” kata Nadiem dalam acara peluncuran OSC 2020 yang digelar Medcom.id secara daring, Kamis (27/8/20).

Nadiem berharap, program serupa OSC Medcom.id dapat menular, tumbuh dan berkembang di berbagai sektor. Sehingga akselerasi pendidikan nasional dapat berjalan baik.

“Kepada para penerima beasiswa OSC 2020 untuk jenjang S1 dan S2, saya ucapkan selamat. Merdekakan diri kalian untuk menggali ilmu, wawasan dan pengalaman yang positif untuk meraih cita-cita. Jadikan tantangan sebagai peluang agar menjadi lebih baik lagi,” ucap lulusan Harvard University itu menandaskan.

Sementara itu CEO Media Group Mirdal Akib menjelaskan, program OSC tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mulai tahun ini, OSC memberi beasiswa untuk program sarjana (S1) dan program pascasarjana (S2).

“Untuk program sarjana, tersedia pilihan di 19 perguruan tinggi swasta (PTS) di 8 kota di Indonesia. Untuk pascasarjana, tersedia di 7 PTS mitra, dengan jumlah penerima sebanyak 60 orang,” tuturnya.

Sementara itu, CEO Medcom.id, Kania Sutisnawinata menambahkan, OSC tahun ini memasuki usia yang ke-6. Meski di tengah pandemi, program beasiswa ini tak boleh berhenti. Malah, jika memungkinkan jumlahnya ditambah. Karena pandemi telah menimbulkan dampak secara ekonomi kepada masyarakat.

“Mimpi anak bangsa untuk mengenyam pendidikan hingga tingkat sarjana dan pascasarjana tak boleh terkubur, meski pandemi covid-19 tak kunjung surut,” ucap Kania menegaskan.

Dengan diluncurkannya OSC, lanjut Kania, peserta bisa langsung mendaftarkan diri pada Kamis (27/8/20). Informasi pendaftaran OSC dan daftar PTS mitra bisa dilihat melalui link https://osc.medcom.id/tentang

“Program OSC yang tahun ini didukung Citilink akan memberi beasiswa berupa bebas uang pangkal 100 persen dan uang kuliah hingga selesai atau 8 semester,” tuturnya.

Selain beasiswa pascasarjana, OSC Medcom.id juga akan menggelar ‘Try Out’ OSC sebanyak tiga kali di Oktober 2020. Tujuannya, agar peserta terbiasa dengan sistem dan soal yang diujikan serta mengukur kemampuan diri, sebelum mengikuti tes yang sebenarnya. Tersedia pula kesempatan ikut bimbingan belajar (bimbel) hasil kerja sama Bimbel Belajar Smart.

Disebutkan, syarat untuk menjadi peserta adalah siswa duduk di kelas 12 SMA/SMK/MA atau sederajat atau lulusan tahun sebelumnya. Peserta juga belum pernah kuliah dan belum menikah.

Untuk program pascasarjana, peserta dibatasi usia maksimal 25 tahun. Khusus untuk guru atau tenaga pengajar, kompetisi memberi kelonggaran hingga usia maksimal 35 tahun. (Tri Wahyuni)