Kompetisi Robotik Madrasah 2021 Ditutup, Inilah Pemenangnya!

0

JAKARTA (Suara Karya): Pelaksanaan Kompetisi Robotik Madrasah 2021 yang digelar di Gedung Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, ditutup Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali, Minggu (17/10/21) malam.

Kompetisi yang diikuti 360 peserta yang terbagi dalam 180 tim itu berhasil memperebutkan juara 1, 2 dan 3, serta harapan 1, 2 dan 3 untuk 2 kategori pada semua jenjang mulai dari madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA). Mereka diminta merancang robot aplikatif bertema pandemi.

Nizar Ali dalam sambutannya memberi apresiasi madrasah yang menunjukkan performa luar biasa, karena mengikuti tren kekinian, di samping belajar ilmu pengetahuan dan agama. Apalagi, teknologi robot akan menjadi dasar dari pengembangan teknologi masa depan.

Teknologi robot itu kini sudah mencakup artificial intelligence (AI), machine learning, cyber security dan internet of think. “Kementerian Agama wajib memberi ruang kreasi bagi generasi madrasah lewat event semacam ini. Diharapkan, anak madrasah menjadi garda terdepan dalam mengawal bangsa ini di era cyber security,” ujarnya.

Hal senada dikemukakan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, M Ali Ramdhani. Katanya, kompetisi sengaja dirancang untuk memberi wahana kepada anak-anak madrasah agar kreativitas dalam robotik semakin berkembang.

“Kita meyakini bentuk pendidikan terbaik bagi anak bangsa saat ini adalah madrasah. Karena, kita juga melengkapinya dengan ilmu kontemporer,” ucapnya.

Di masa depan, lanjut Ramdhani, bangsa yang sukses adalah mereka yang memiliki, menguasai, dan mengendalikan teknologi. Robotika adalah cabang sains yang akan memegang peran sentral di masa depan, yang mana trennya mengandalkan teknologi digital dan otomasi.

Berikut daftar pemenang kompetisi. Untuk kategori Robot Rancang Bangun pada jenjang MI, juara satu diraih MI Al-Hudy Denpasar, Bali (Muhammad Danar Jaya Putra Sukamto dan Mikhayla Azalia Noah); juara 2 adalah MI Al Inayah, Bandung Jawa Barat (Muhammad Nur Alamsyah dan Ash Shiddiq Waliyannaka Kiblatan); dan juara 3 oleh MIN 2 Jepara Jawa Tengah (Sheza Ramadhani Nalistya dan Salsabila Rahma Safitri).

Untuk jenjang MTs, pemenang pertama diraih MTsN 1 Kota Tangerang Selatan, Banten (Muhammad Nufail Arinda Fattahillah dan Nadia Elvaretta Arinda Sarifani); juara II MTSN 1 Kota Kediri, Jawa Timur (Arvinca Nisya Alya’un dan Najwa Manguri Syakira Ardhianti); dan juara ketiga MTSN 1 Pasuruan, Jawa Timur (Ramadhani Chinta Nafala dan Cheryl Izzaz Queen Melody).

Pada jenjang MA, juara 1 adalah MAN 2 Kota Malang Jawa Timur (Archie Vian Nizam Efendi dan Aulia Badruzzaman); juara 2 yaitu MAN 1 Darussalam Ciamis, Jawa Barat (Akbar Satrio Gumelar dan Muhammad Nandha Chrismawan); dan juara tiga MAN Insan Cendekia Tanah Laut (Habibah Sai’dah dan Intan Rahmanafartiwi).

Pemenang untuk kategori mobile robot, juara pertama untuk jenjang MI adalah MIN 2 Pasuruan, Jawa Timur (Rahma Awwani Kayla dan Hanan Afia Setiawan); juara 2 MI Al Inayah Kota Bandung (Raisya Hana Nadhira dan Azzahra Desti Jayanti Putri), juara ketiga MIN 1 Kota Cilegon (Muhammad Izzi AssyA’bani dan Ical Aryadilla Ali).

Untuk jenjang MTS, juara 1 adalah MTsN 2 Kota Kediri (Bintang Gema Fitriansyah dan Alfareza Firdausy Dewantoro); juara dua MTsN 1 Kota Makassar (Arya Ksatria Putra Ahmad dan Yugi Fajrul Islam Surur); juara ketiga MTsN 2 Pasuruan ( Zytka Keneisha dan Kirania Putri Lesmana).

Pada jenjang MA, juara 1 adalah MAN 1 Medan Sumatera Utara (Roihan Sabila Harahap dan Dio Al Iqbal Framoko); juara dua MAN 1 Mandailing Natal (Nasaruddin Nasution dan Lily Fitri Hasanah); dan juara ketiga MAN 2 Kota Kediri (Brian Akmal dan Fadli Surya S). (Tri Wahyuni)