Komunitas Bank Sampah Raih Penghargaan dari Garudafood

0

JAKARTA (Suara Karya): Komunitas Bank Sampah Melati Bersih (BSMB) Anggrek di seputaran Bogor meraih penghargaan utama dari Garudafood. Komunitas tersebut dinilai berhasil dalam mengembangkan program Kampung Wirausaha Chocolatos yang digagas Garudafood.

“Lewat program ini kami ingin ibu-ibu anggota komunitas sampah di Bogor dapat terbuka wawasannya. Selain itu mereka juga dapat ilmu baru tentang pemasaran,” kata Director & Corporate Secretary PT Garudafood Putra Putri Jaya, Paulus Tedjosutikno usai memberi penghargaan “Program Kampung Wirausaha Chocolatos” 2019, di Bogor, Senin (1/4/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Marketing Director PT Garudafood Putra Putri Jaya, Ferry Haryanto, Head of Corporate Communication PT Garudafood Putra Putri Jaya, Dian Astriana, Head of Distribution Development PT Garudafood Putra Putri Jaya, Yudi Bestira serta puluhan komunitas dan mitra binaan Garudafood Sehati.

Head of Corporate Communication PT Garudafood Putra Putri Jaya, Dian Astriana menjelaskan, penghargaan itu diberikan sebagai apresiasi Garudafood atas keaktifan komunitas dalam program Kampung Wirausaha selama 1 tahun terakhir. Program tersebut digelar sejak Maret 2018 hingga Februari 2019.

“Lewat program ini, kami ingin menemukenali potensi yang ada dalam masyarakat, menjalin relasi dengan komunitas, membuka peluang usaha, menanamkan semangat kewirausahaan dan mendorong terciptanya masyarakat yang lebih produktif,” tuturnya.

Ditambahkan, sasaran program adalah ibu rumah tangga yang diharapkan dapat membantu perekonomian keluarganya. Semangat kewirausahaan di kalangan ibu ini nantinya bisa dikembangkan lebih luas lagi hingga seluruh Indonesia. Sehingga keluarga Indonesia makin sejahtera.

“Kami juga berharap mitra binaan yang tergabung dalam program Kampung Wirausaha Chocolatos dapat inspirasi untuk membantu perekonomian keluarga,” ucapnya menegaskan.

Tentang kompetisi, Dian menjelaskan, penilaian meliputi strategi pemasaran produk, orisinilitas dan keunikan variasi produk olahan, kekompakan kelompok serta kelengkapan laporan keuangan.

“Untuk mendukung program tersebut, Garudafood Sehati memberi modal awal dan beragam pelatihan mulai dari dasar pemasaran, pengenalan produk hingga penulisan laporan keuangan sederhana,” ujarnya.

Selama kompetisi, lanjut Dian, Garudafood Sehati juga mengadakan focus group discussion sebagai sarana untuk sharing pengalaman dan tips yang dapat digunakan oleh peserta. Program ini merupakan salah satu program Corporate Sosial Responsibility (CSR) GarudaFood Sehati yang fokus pada pilar pemberdayaan masyarakat.

Marketing Director PT Garudafood Putra Putri Jaya, Ferry Haryanto menambahkan, kondisi sekarang ini masyarakat harus bisa menciptakan peluang bisnis, cermat memanfaatkan waktu luang secara efektif serta mengembangkan kreativitas.

“Kami senang melihat antusiasme dan kegigihan para ibu yang begitu tinggi sekaligus mempromosikan chocolatos melalui variasi produk olahan yang mereka buat. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan,” katanya.

Salah satu anggota BSMB Anggrek, Endah Setyawati mengaku bangga, komunitasnya meraih penghargaan dari Garudafood. Itu artinya semangat anggota dalam menanamkan kemandirian dan kewirausahan di kalangan ibu mendapat apresiasi.

“Semoga program ini terus berlanjut di masa depan. Karena memberi manfaat yang sangat besar bagi kami para ibu rumah tangga dalam wirausaha, yang tak pernah terpikirkan sebelumnya,” ujar Endah menandaskan. (Tri Wahyuni)