Komunitas Sopir Truk Pendukung Ganjar Gelar Sosialisasi Keselamatan Berkendara

0

JAKARTA (Suara Karya): Komunitas Supir Truk Jawa Barat (Jabar) pendukung Ganjar Pranowo, menggelar sosialisasi keselamatan berkendara untuk para supir truk di pangkalan truk Rawa Pasung di Kali Baru, Kecamatan Medansatria, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (28/12/2022).

Koordinator Wilayah Komunitas Supir Truk Jawa Barat, Willy Shadli mengatakan, alasan pihaknya menggelar sosialisasi tersebut, adalah maraknya kecelakaan truk di jalan. Di mana berdasarkan pemberitaan yang ia baca, kasus kecelakaan yang melibatkan truk terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Oleh karena itu, kita dari KST (Komunitas Supir Truk) Jawa Barat ingin menggalakan sosialisasi kepada supir-supir truk di Jawa Barat, khususnya Bekasi agar bisa selamat jika berkendara dengan baik,” ujar Willy.

Dalam sosialisasi tersebut, KST mensosialisasikan pentingnya bagi supir truk untuk memperhatikan beberapa hal sebelum mereka bekerja di jalan. Mulai dari pemeriksaan mesin truk, tekanan angin, hingga pengecekan rem.

“Pokoknya segalanya harus dicek sebelum berkendara. Agar di jalan tidak terjadi kecelakaan yang tidak kita inginkan. Lalu, misal ketika dia mengantuk di jalan, ya bertepi lah ke bahu jalan, agar dia bisa beristirahat dulu. Yang paling penting kami mengingatkan bahwa ada keluarga yang menanti kepulangan para supir ini di rumah,” jelasnya.

Selain sosialisasi keselamatan berkendara, Willy menjelaskan bahwa berkumpulnya ratusan supir truk dari berbagai wilayah di Bekasi tersebut juga untuk menjalin silaturahmi ke sesama keluarga supir truk.

“Hari ini kita juga ada agenda berbagi sembako untuk mereka. Para penerima adalah supir truk, istri-istri dari supir truk, kenek, montir, juga warga sekitar yang kurang mampu,” tuturnya.

Komunitas ini pun berkomitmen untuk terus menjalin silaturahmi ke lebih banyak supir truk di wilayah lain di Jawa Barat. Mereka akan menampung keluh kesah para supir, berusaha menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah, dan kembali mengadakan sosialisasi keselamatan berkendara untuk mencegah lebih banyak kasus kecelakaan kendaraan truk. (Pram)