Konsisten Berdayakan Masyarakat, 9 Unit Usaha APP Sinar Mas Raih CSR Award

0

JAKARTA (Suara Karya): Sebanyak 9 unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas yang bergerak dalam bidang industri pulp & kertas (IPK), dan unit manajemen hutan (UMH) mendapat penghargaan Anugerah Bisnis Indonesia Social Responsibility Award (BISRA).

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen APP Sinar Mas dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat secara konsisten dan berkelanjutan,” kata Chief Sustainability Officer APP Sinar Mas, Elim Sritaba, usai menerima penghargaan, di Jakarta, Rabu (29/6/22).

Elim menambahkan, perusahaan yang ingin menjalankan bisnisnya secara berkelanjutan, harus memberi keuntungan tak hanya kepada mereka yang terlibat langsung dalam bisnis, tetapi juga masyarakat sekitar dan aspek lainnya seperti lingkungan.

“Aspek keberlanjutan menjadi salah satu fokus APP Sinar Mas dalam menjalankan bisnisnya. Strategi keberlanjutan APP Sinar Mas dituangkan secara komprehensif dalam Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030 yang diluncurkan pada 2020 lalu,” ujarnya.

SRV akan berdampak positif bagi para pemangku kepentingan di seluruh bisnis dan rantai pasokan APP Sinar Mas, termasuk masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya. Melalui SRV 2030, APP Sinar Mas menegaskan komitmennya untuk mendukung dan berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Dijelaskan, penghargaan diberikan kepada unit usaha APP Sinar Mas bidang kehutanan karena komitmennya dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) pada 2015.

Program DMPA melibatkan partisipasi aktif masyarakat untuk meningkatkan pendapatan melalui keragaman sumber mata pencaharian, alih pengetahuan dan teknologi, kolaborasi, dan pengelolaan hutan yang baik serta pelestarian lingkungan.

“Hingga akhir 2021, ada 394 desa dengan total 31.676 Kepala Keluarga (KK) terlibat dalam program DMPA. Program tersebut benar-benar meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” ujarnya.

Untuk unit usaha APP Sinar Mas di industri pulp & kertas (IPK) mendapat penghargaan atas program CSR yang menekankan pada pemberdayaan masyarakat lewat pemanfaatan limbah, pemberdayaan perempuan, serta pelestarian lingkungan.

“Kami juga melakukan berbagai inisiatif dan membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memastikan perusahaan konsisten dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan, dan bersama mewujudkan masa depan yang lebih baik,” ucap Elim menandaskan.

Ke-9 unit usaha peraih penghargaan, disebutkan, yaitu PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk; PT OKI Pulp & Paper Mills; PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, Perawang Mills; PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry; PT Arara Abadi; dan PT Wirakarya Sakti masing-masing meraih Gold Champion in CSR Program.

Selain itu, masih ada PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, Serang Mills; PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, Tangerang Mills; PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, Karawang Mills, dimana masing-masing unit usaha meraih Silver Champion in CSR Program. (Tri Wahyuni)