Kontes KILA 2021, Ayo Kembalikan Kejayaan Lagu Anak Indonesia!

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) bekerja sama KITA Indonesia akan menggelar kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA) 2021. Kontes tersebut diharapkan mengembalikan kejayaan lagu anak di Indonesia.

“KILA bisa menjadi ajang pembelajaran dan berkebudayaan yang baik. Karena itu, saya harap para pendidik dapat mendorong siswanya untuk ikut kontes ini,” kata Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim dalam acara Bincang Pendidikan memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2021, Jumat (23/7/21).

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru, Ahmad Mahendra selaku Ketua Panitia Kontes KILA 2021 mengatakan, lagu bisa menjadi salah satu media untuk membantu anak agar dekat dengan identitasnya, menumbuhkan rasa percaya diri dan bangga sebagai anak Indonesia.

“KILA merupakan upaya Kemdikbudristek untuk mengembalikan masa kanak-kanak agar berkembang secara wajar di masa pandemi. Selain memupuk jati diri dengan mengenal dan menyanyikan lagu anak berbahasa Indonesia,” tutur Mahendra.

Dijelaskan, ada 5 pemenang KILA 2020 yang dibuatkan video klip-nya agar sesuai dengan konteks pembelajaran. Video tersebut akan dipakai oleh satuan pendidikan di tingkat PAUD atau SD. Pafa 17 Agustus mendatang, jika kondisi pandemi covid-19 di Tanah Air membaik, maka lagu tersebut akan diputar di beberapa pusat perbelanjaan yang sudah bekerja sama dengan panitia.

“Kita terus gaungkan lagu anak-anak dari kontes KILA. Harapannya, kita dapat mengembalikan kejayaan lagu anak, seperti era Ibu Sud, Bapak AT Mahmud, Chicha Koeswoyo atau Sherina,” ucap Mahendra.

Ia berharap, KILA bisa membangun ekosistem yang bagus, baik dari pembuat lagu anak, kemampuan menyanyi anak itu sendiri dan industri lagu anak.

Kontes KILA 2021 mencakup, lomba cipta lagu anak untuk kelompok usia PAUD dan SD; lomba menyanyikan lagu anak untuk kelompok usia PAUD dan SD. Para peserta lomba menyanyi juga diminta untuk menyanyi lagu-lagu baru ciptaan para peserta lomba cipta lagu anak 2020.

Keseluruhan kontes KILA akan dilakukan secara daring dan ditayangkan di berbagai platform digital seperti Indonesiana TV dan Budaya Saya yang dikelola Kedikbudristek.

Pendaftaran KILA 2021 dibuka mulai 23 Juli hingga 23 Agustus 2021. Program ini tidak berbayar dan formulir dapat diunduh pada tautan www.kilaindonesia.id. Masyarakat umum dapat ikut menyemarakkan kegiatan ini dengan menyertakan tagar #KITAnakIndonesia, #KITACintaLaguAnak2021 di media sosial.

Persyaratan lomba dapat dilihat pada laman www.kilaindonesia.id/aturankila.php dan nama-nama peserta yang masuk dalam tahap seleksi lanjutan akan diumumkan pada 1 September 2021 melalui laman utama www.kilaindonesia.id dan media sosial KILA (IG: @kilaindonesia.id, FB: Kila Indonesia). (Tri Wahyuni)