Korban Tewas Ledakan Beirut Bertambah Jadi 177 Orang

0
(Anadolu Agency)

BEIRUT (Suara Karya): Korban tewas akibat ledakan besar di pelabuhan Beirut pekan lalu meningkat menjadi 177 orang, menurut penjelasan Menteri Kesehatan Libanon Hassan Hamad, Kamis (13/8/2020).

Seraya mencatat ada 30 orang yang hilang setelah ledakan mematikan di ibu kota tersebut, Hamad mengatakan kepada saluran TV lokal bahwa jumlah korban jiwa bisa mencapai hingga 200 orang.

Tentara Lebanon dalam sebuah pernyataan mengatakan diplomat asing sudah diberitahu tentang mekanisme distribusi bantuan setelah insiden itu, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Pernyataan tersebut menyebutkan kebutuhan pusat kesehatan dan rumah sakit di dalam negeri akan ditentukan sebelum penyaluran bantuan medis.

Pernyataan tersebut juga menjelaskan bahwa bantuan medis akan didistribusikan dengan koordinasi antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pertahanan, sedangkan bantuan makanan akan didistribusikan bekerja sama dengan militer dan organisasi non-pemerintah.

Mekanisme pendistribusian bantuan yang dilakukan tentara Lebanon dan diklaim akan dilaporkan secara transparan dengan diplomat asing menyusul tuduhan korupsi para penguasa oleh para aktivis media sosial dan pengunjuk rasa yang melakukan protes di Beirut. (Bobby MZ)