Suara Karya

Kowarteg Dukung Ganjar Adakan Mudik Gratis untuk Karyawan Warteg di Jakarta

JAKARTA (Suara Karya): Mudik merupakan sebuah tradisi yang dilakukan masyarakat untuk kembali ke kampung halamannya pada saat momen libur panjang. Salah satunya menjelang hari raya Idulfitri atau Lebaran.

Menyemarakkan momen mudik lebaran tahun ini, Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia Dukung Ganjar menyelenggarakan mudik gratis bertajuk ‘Mudik Ceria untuk Ganjar Presiden 2024’.

Koordinator Nasional Kowarteg Indonesia Dukung Ganjar, Noehrozi mengatakan pihaknya mengerahkan delapan unit bus untuk mengangkut ratusan pemudik yang mayoritas merupakan karyawan warteg di Jakarta.

“Ini melibatkan 450 pemudik dari berbagai wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Didominasi oleh karyawan-karyawan warteg,” ujarnya pada Rabu (19/4/2023).

Pelepasan bus dan ratusan pemudik dilaksanakan di Jl. Angkasa di Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Kota Jakarta Pusat.

Sebelum diberangkatkan, para pemudik terlebih dahulu diperiksa oleh tim kesehatan yang sebelumnya telah disiapkan oleh para sukarelawan.

Mereka juga mendapat sejumlah bingkisan dari sukarelawan Kowarteg. Dalam perjalanan mudik nantinya, mereka pun mendapat makanan gratis yang telah disediakan relawan.

“Total delapan armada bus dengan tujuan Tegal, Purwokerto, Wonogiri, Solo, dan Surabaya,” katanya.

Noehrozi menyebut alasan mereka menyelenggarakan mudik gratis ini adalah untuk membantu masyarakat, khususnya karyawan warteg yang terkendala keuangan untuk bisa pulang ke kampung halaman.

“Mereka setelah pandemi ini kan lumayan susah cari duit. Jadi, kami bantu mereka. Lumayan daripada buat ongkos, mereka bisa buat jajan, bisa buat oleh-oleh,” kata Noehrozi.

Mudik gratis ini pun menjadi bukti nyata kehadiran Kowarteg Indonesia Dukung Ganjar untuk melayani masyarakat selama Mudik Lebaran 2023.

Dia melanjutkan kegiatan ini terinspirasi dari program mudik gratis dari Ganjar Pranowo. Ganjar diketahui memiliki program mudik untuk warga Jawa Tengah yang merupakan perantau di pulau lain.

“Kami Kowarteg Indonesia selalu terinspirasi dari Bapak Ganjar Pranowo yang selalu berbuat yang bermanfaat untuk masyarakat bawah, yang selalu blusukan dan mendengar hingga akhirnya bisa membuat kebijakan yang memang untuk masyarakat,” katanya.

Pendukung Ganjar itu pun berkomitmen untuk bisa terus menggelar kegiatan bermanfaat bagi masyarakat kecil di bulan-bulan berikutnya.

Syaifudin merupakan salah satu peserta mudik gratis dari Kowarteg Indonesia. Karyawan salah satu warteg di daerah Cawang ini mengaku ingin pergi ke kampung halamannya di Tegal. Dia pun mengaku sangat terbantu lewat program mudik gratis ini.

“Ini luar biasa, karen menurut saya ini sangat membantu sekali. Karena ekonomi lagi susah, jadi bisa membantu kami. Uang yang aturan buat bayar travel atau bis-bis komersil itu bisa buat yang lain,” syukur Syaifudin.

Dia berharap mudik gratis dari Kowarteg Indonesia Dukung Ganjar bisa kembali hadir di tahun-tahun berikutnya.

“Semoga ini berkelanjutan. Jangan tahun ini saja, tetapi tahun depan juga iya, syukur-syukur nanti setelah lebaran ada untuk arus balik gratis juga, kan lumayan. Saya doakan semoga Kowarteg sukses,” katanya. (Wis)

Related posts