KPU Purbalingga Akan Rekrut 18 Relawan Demokrasi

0
Anggota KPU Purbalingga Andri Supriyanto (ANTARA/HO - dok. pribadi)

PURBALINGGA (Suara Karya): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah akan merekrut 18 relawan demokrasi guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 2020.

“Proses perekrutan relawan demokrasi akan dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 27 Agustus 2020,” kata Anggota KPU Purbalingga bidang Divisi Parmas, SDM dan Kampanye Andri Supriyanto di Purbalingga, Jumat.

Dia mengatakan proses perekrutan dimaksud akan meliputi tahapan pendaftaran, seleksi administrasi dan juga wawancara.

“Nantinya para relawan demokrasi tersebut akan mulai bertugas pada tanggal 1 September hingga 31 November 2020 atau menjelang pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati,” katanya.

Dia mengatakan relawan demokasi tersebut nantinya akan bertugas menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020.

“Mereka akan mengedukasi masyarakat mengenai pemilihan bupati dan wakil bupati, mereka akan melakukan edukasi itu melalui media sosial, media cetak serta elektronik dan lain sebagainya,” katanya.

KPU Purbalingga, kata dia, berharap kehadiran para relawan demokrasi nantinya akan membantu meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayah setempat untuk menggunakan hak suaranya.

“Diharapkan kehadiran para relawan demokrasi akan mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi dan tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan hak suaranya pada hari pemilihan,” katanya.

Selain itu, kata dia, perekrutan relawan demokrasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Pilkada Serentak 2020.

Dia mengatakan pihaknya menargetkan tingkat partisipasi pilkada serentak tahun ini dapat mencapai 77,5 persen lebih. Untuk mencapai target tersebut maka pihaknya terus mengajak seluruh masyarakat ikut berperan aktif menyukseskan pelaksanaan pilkada di wilayah itu termasuk juga para pemilih pemula.

“Harapan KPU Purbalingga untuk seluruh masyarakat di kabupaten yakni mari sukseskan Pilkada Purbalingga dan gunakan hak suara saat hari pemilihan nanti,” katanya. (Budiono Tejaumbaran)