Lawan Covid-19, Palfasadha Donasi 500 Liter Hand Sanitizer untuk Paramedis

0

JAKARTA (Suara Karya): Paguyuban Alumni Farmasi Sanata Dharma (Palfasadha) mendonasikan 500 liter produk hand sanitizer untuk paramedis sebagai garda terdepan penanganan corona virus disease (covid-19).

“Untuk sementara, bantuan difokuskan untuk paramedis di wilayah DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Timur (NTT),” kata Palfasadha, Andreas Donny Prakasa dalam siaran persnya, Sabtu (9/5/20).

Palfasadha bahkan membentuk satuan tugas (satgas) Covid-19 agar kegiatan positif lain ini dapat diterapkan anggota Palfasadha lain di wilayahnya masing-masing. Mengingat kasus covid-19 telah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

“Saat ini bantuan baru diberikan untuk DKI dan NTT untuk perimbangan antara wilayah Barat dan Timur. DKI menjadi prioritas karena kasus positif covid-19 di wilayah tersebut sangat tinggi,” ujarnya.

Pembentukan Satgas Covid-19 Palfasadha mendapat dukungan dari Dekan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma, Yustina Sri Hartini dan mantan aktivis mahasiswa farmasi Sanata Dharma yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena.

Donny menjelaskan, bantuan untuk NTT diberikan dalam bentuk bahan dasar untuk hand sanitizer karena keterbatasan sumber daya, seiring dengan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah daerah. Bahan-bahan itu akan diolah para alumni dengan kompetensinya sebagai apoteker di wilayah masing-masing.

Selain hand sanitizer, tim satgas juga mengirim bantuan berupa pakaian alat pelindung diri (APD) dan alat pelindung muka (face shield). Hingga pertengahan Mei, tak kurang dari 60 sarana kesehatan mendapat bantuan yang meliputi wilayah Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, dan NTT.

Bantuan, lanjut Donny, juga diberikan dalam bentuk uang untuk dapur umum di Asrama Santikara Yogyakarta untuk membantu mahasiswa yang kesulitan ditengah masa pandemi covid-19 ini.

Sementara itu, apoteker dari Rumah Sakit Umum Kabupaten Landak, Meita mengucap terima kasih atas bantuan hand sanitizer tersebut. Bantuan itu sangat bermanfaat ditengah kelangkaan produk hand sanitizer saat ini. (Tri Wahyuni)