Layanan Keliling BPJS Kesehatan Disambut Antusias Warga

0

JAKARTA (Suara Karya): Layanan Keliling yang digagas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan disambut antusias warga. Hal itu terlihat saat Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Diah Sofiawati melihat dari dekat layanan keliling itu di Kelurahan Kedoya Selatan, Kamis (18/4/2019).

“Layanan keliling ini kami buka hanya pada wilayah yang paling banyak dikunjungi masyarakat. Strategi jemput bola ini kami lakukan, semata demi kemudahan masyarakat,” kata Diah Sofiawati usai berbincang dengan sejumlah penerima layanan keliling BPJS kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Diah didampingi Sekretaris Kelurahan Kedoya Selatan, Enjang Sulaeman.

Diah menjelaskan, layanan Mobile Customer Service (MCS) akan berkeliling ke sejumlah tempat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dengan demikian, warga yang ingin mendapat layanan seputar BPJS Kesehatan bisa ke lokasi MCS yang terdekat.

“Layanan keliling ini tersedia di tingkat kelurahan. Tanggal layanan bisa dilihat di kelurahan masing-masing. Karena kegiatannya terjadwal setiap bulannya. Kami juga punya mobil layanan untuk kegiatan yang dihadiri banyak massa di lapangan terbuka,” tuturnya.

Upaya itu dilakukan, kata Diah, guna mengajak masyarakat lebih peduli terhadap BPJS Kesehatan. Lewat MCS, masyarakat bisa bertanya-tanya seputar program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selain mengurus hal yang terkait kartu BPJS Kesehatan.

“Lewat MCS, masyarakat bisa mendaftar kepesertaan baru, mengganti data, membayar iuran bulanan atau print kartu baru. Semua urusan bisa diselesaikan di MCS. Apalagi kalau sekadar bertanya seputar program JKN,” tuturnya.

Sekretaris Kelurahan Kedoya Selatan Enjang Sulaeman mengatakan, pihak kelurahan dan warga Kedoya Selatan menyambut positif kehadiran MCS BPJS Kesehatan di Kantor Kelurahan Kedoya Selatan. Karena warga tidak perlu lagi pergi jauh kantor BPJS Kesehatan cabang Jakarta Barat.

“Kami tak keberatan memfasilitasi MCS karena kegiatan itu sangat membantu kebutuhan warga kami,” ucap Enjang.

Ditambahkan, pihak kelurahan memberi informasi kepada ketua RT dan RW atas rencana kedatangan MCS BPJS Kesehatan Jakarta Barat pada yang ditentukan. Warga bisa mempersiapkan segala keperluan terkait BPJS Kesehatan.

“Kami tak keberatan jika MCS buka setiap hari di Kelurahan Kedoya Selatan. Sehingga warga hanya pergi ke satu tempat untuk mengurus keperluan mereka,” katanya.

Enjang berharap lewat partisipasi aktif BPJS Kesehatan pada kegiatan yang digelar di lingkungan tempat tinggal warga akan meningkatkan kesadaran mengenai BPJS Kesehatan. Termasuk kesadaran mereka dalam membayar iuran bulanan, yang dibutuhkan untuk keberlangsungan program JKN. (Tri Wahyuni)