Legislator Usulkan BPS Lakukan Survei Bidang Kesehatan

0
Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad saat Rapat Dengar Pendapat Komisi XI DPR RI dengan Kepala BPS dan Kepala LKPP di Gedung Nusantara I, Jakarta, Selasa (8/6/2021). Foto: dpr.go.id

JAKARTA (Suara Karya): Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad menegaskan bahwa Badan Pusat Statistik (BPS) harus mampu mengumpulkan data yang menjawab tantangan masyarakat saat ini. Di tengah pandemi, data kesehatan masyarakat sangat diperlukan, oleh karena itu BPS diharapkan dapat melakukan survei terkait hal tersebut.

Politisi dapil Jakarta III itu mengusulkan di tengah rencana 14 survei yang akan dilakukan BPS pada tahun depan dengan berbagai macam bidang mulai dari ekonomi, angkatan kerja, hingga pertanian namun belum ada di bidang kesehatan.

“Oleh karena itu saya mengusulkan agar BPS mempertimbangkan survei dibidang kesehatan itu,” ujar Kamrussamad saat Rapat Dengar Pendapat Komisi XI DPR RI dengan Kepala BPS dan Kepala LKPP di Gedung Nusantara I, Jakarta, Selasa (8/6/2021), seperti dilansir laman dpr.go.id.

Diharapkan survei itu akan mampu melihat kesiapan pelayanan puskesmas di seluruh kecamatan di Indonesia. Di mana level pengambilan data di tingkat daerah tersebut dapat menggambarkan kondisi infrastruktur kesehatan, sistem pelayanannya dan kesiapan sumber daya manusia tenaga medis yang ada.

Selanjutnya Politisi Fraksi Partai Gerindra itu menekankan kepada BPS agar memperjelas outcome dari beberapa rencana survei yang akan dilaksanakan di tahun depan. Sebab hasil dari data survei itu akan memperkuat penyusunan kebijakan nasional di masa mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Kamrussamad turut menyampaikan pandangannya terkait kinerja LKPP di tahun 2020 ini. Di tengah banyaknya regulasi terkait percepatan pengadaan barang dan jasa, ia berpesan agar LKPP memperhatikan mitigasi terhadap potensi praktik kecurangan dan bekerja secara efektif dan efisien. (Agus Sunarto)