Libur Panjang, Solo Dipadati Kendaraan Bermotor

0
Overpass Manahan Solo terlihat mulai dipadati kendaraan (Antara)

SOLO (Suara Karya): Sejumlah titik di Kota Solo, Jawa Tengah, mulai padat kendaraan bermotor seiring dengan memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Pantauan di sejumlah lokasi di Solo, Senin, kepadatan sudah terjadi sejak memasuki Kota Solo, tepatnya di pintu masuk Tol Kartasura, yaitu di Jalan Solo-Semarang.

Bahkan, hingga pertigaan Ngasem, Sukoharjo, kemacetan sejauh sekitar 300 meter. Selanjutnya, kemacetan kembali terjadi sebelum pertigaan Kartasura.

Memasuki Kota Solo, kemacetan terjadi di sekitar Pasar Kleco hingga memasuki kawasan Stasiun Purwosari.

Di samping itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta Ari Wibowo mengatakan beberapa titik di dalam kota yang terpantau padat, di antaranya Pertigaan Faroka, Pertigaan Kerten, Simpang Patung Wisnu Manahan, dan Simpang Tirtonadi.

“Selain itu juga di Jalan Slamet Riyadi menuju arah Balai Kota Surakarta,” katanya.

Ia mengatakan secara keseluruhan kepadatan arus lalu lintas mulai mengalami kenaikan dari 30 persen menjadi 40 persen.

Sementara itu, dikatakannya, dengan dilakukannya pengaktifan Jalan Tol Lintas Jawa ruas Surakarta dan overpass Manahan cukup efektif mengurai kepadatan.

“Paling tidak dapat mengurai kepadatan lalu lintas dalam kota hingga 20 persen,” katanya.

Adapun, untuk memastikan kenyamanan pengendara dan menjaga ketertiban lalu lintas, pihaknya menerjunkan sekitar 60 petugas/hari. (Budiono Tejaumbaran)