Suara Karya

Liburan Lebaran Gerek Hingga Tiga Kali Lipat Perjalanan Wisata Tanah Air

Menparekraf Sandiaga Uno membahas kesiapan dan antisipasi pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) saat libur lebaran bersama Komisi X DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (29/3/2023). (Istimewa) 

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi tahun ini akan ada 123,8 juta wisatawan nusantara yang melakukan perjalanan saat libur lebaran 2023. Ini akan gerek perjalanan wisata hingga tiga kali lipat di Tanah Air.

“Kami sudah menyiapkan beberapa paket wisata seperti desa wisata, hingga destinasi berbasis wisata religi bagi 123,8 juta wisatawan yang diprediksi akan melakukan perjalanan mudik tahun ini,” ujar Menparekraf Sandiaga seusai Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI menggelar Rapat Kerja membahas kesiapan dan antisipasi pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) saat libur lebaran 2023 di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Menparekraf Sandiaga juga menyatakan momen ini akan menjadi modal utama dalam pencapaian target mobilisasi wisnus yakni 1,4 miliar pergerakan di tahun 2023.

“Ini akan mampu menciptakan 2-3 kali pergerakan dari total pergerakan tersebut. Sehingga kami menargetkan 25 persen atau di angka 300-350 juta pergerakan dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan nusantara tahun ini akan tercapai,” ujarnya.

Hal itu menurut Sandiaga, lantaran wisatawan bukan hanya bergerak dari tempat asal mereka bekerja ke kampung halaman. Melainkan juga saat di kampung halaman mereka akan melakukan aktivitas wisata, setelah itu sebagian besar kembali lagi ke ibu kota.

“Jadi paling tidak ada minimal tiga kali pergerakan. Dan, itu yang harus kita antisipasi agar libur lebaran 2023 ini bisa aman dan nyaman,” katanya.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga jajaran eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf. (dra)

Related posts