Liga Inggris, Leicester Permalukan Arsenal Tiga Gol Tanpa Balas

0
Jamie Vardy (kanan) cetak gol ketiga Leicester saat melawan Arsenal di King Power Stadium, Leicester, Inggris pada 28 April 2019.(Action Images via Reuters/CARL RECINE)

JAKARTA (Suara Karya): Arsenal harus menelan kekalahan memalukan tiga gol tanpa balas oleh Leicester City dan hasil tersebut semakin menyulitkan mereka untuk finis di empat besar klasemen Liga Premier Inggris musim ini.

Laga tersebut berlangsung di markas Leicester City, King Power Stadium, Minggu.

The Gunners harus bermain dengan 10 orang saat pertengahan babak pertama ketika Ainsley Maitland-Niles diusir wasit usai mendapat kartu kuning kedua atau kartu merah.

Kurangnya jumlah pemain Arsenal tidak disia-siakan oleh Leicester dengan mencetak tiga gol di babak kedua. Jamie Vardy mencetak dua gol dan gol pembuka diciptakan oleh Youri Tielemans.

Kekalahan ini membuat Arsenal untuk sementara duduk di peringkat lima dengan torehan 66 poin. Sedangkan bagi Leicester, kemenangan ini membawa mereka naik ke peringkat delapan dengan 51 poin.

Bermain di kandang, Leicester mencoba tampil lebih dominan sejak awal babak pertama. Sayang sebuah peluang yang didapat Tielemans di menit ke-12 masih melebar dari gawang Arsenal.

Leicester dan Arsenal saling jual beli serangan serta peluang. Namun, penampilan apik dua penjaga gawang mereka, Kasper Schmeichel dan Bernd Leno masih membuat pertandingan imbang tanpa gol.

Arsenal mendapat pukulan telak saat mereka harus kehilangan Maitland-Niles yang diusir wasit Michael Oliver di menit ke-36 akibat mendapatkan kartu kuning kedua usai melanggar James Maddison.

Unggul jumlah pemain membuat Leicester berusaha meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun, masih belum ada gol yang tercipta hingga babak pertama usai dan skor berakhir kacamata.

Saat babak kedua dimulai, pelatih kedua tim sama-sama melakukan pergantian pemain. Leicester melakukan perubahan, Harvey Barnes masuk menggantikan Wilfred Ndidi. Sedangkan pelatih Arsenal, Unai Emery memasukkan Laurent Koscielny menggantikan Alex Iwobi.

Kurangnya jumlah pemain membuat upaya-upaya serangan Arsenal kurang efektif. Malapetaka bagi The Gunners datang saat Leicester berhasil memecah kebuntuan lewat gol Tielemans di menit ke-59 saat umpan silang yang dikirim Maddison sukses disundul Tielemans untuk membobol gawang Leno.

Setelah serangkaian peluang gagal dimaksimalkan menjadi gol, Leicester baru bisa menggandakan keunggulan di menit ke-86 lewat aksi individu Vardy.

Menerima umpan panjang dari Schmeichel, Vardy lolos dari jebakan offside dan mencoba mengelabui Leno dengan sontekannya, tetapi bola pun mengenai mistar sebelum disundul kembali oleh Vardy untuk membuat kedudukan menjadi 2-0.

Sesaat sebelum laga berakhir, Leicester melengkapi kemenangan mereka menjadi 3-0 berkat gol Vardy saat pemain timnas Inggris tersebut menerima umpan Ricardo Pereira.

Susunan Pemain:
Leicester (4-1-4-1): Schmeichel; Pereira, Evans, Maguire, Chilwell; Ndidi (Barnes 46′), Choudhury (Mendy 79′); Albrighton (Gray 86′), Maddison, Tielemans; Vardy.

Arsenal (4-4-2): Leno; Maitland-Niles, Mustafi, Sokratis, Kolasinac; Xhaka, Torreira; Mkhitaryan (Guendouzi 74′), Iwobi (Koscielny 46′); Lacazette (Nketiah 79′), Aubameyang. (Bobby MZ)