Liga Inggris, Solskjaer Harus Berani Tidak Mainkan De Gea

0
Kiper Manchester United David de Gea (REUTERS/PHIL NOBLE)

JAKARTA (Suara Karya): Bos Manchester United Ole Gunnar Solskjaer harus menunjukkan bahwa dia tidak takut mengambil keputusan besar tidak menurunkan penjaga gawang David de Gea pada dua pertandingan terakhir liga musim ini, kata mantan striker timnas Inggris Ian Wright seperti dikutip Reuters.

De Gea melakukan beberapa kesalahan tidak perlu belakangan ini, termasuk ketika Chelsea menyamakan kedudukan pada pertandingan Sabtu pekan lalu yang berakhir 1-1 yang nyaris mengubur peluang United finis empat besar.

“Jika dia (Soksjaer) sungguh ingin melakukan perubahan dan ingin orang tahu dia tidak takut mengambil keputusan, maka dia harus mengeluarkan De Gea,” kata Wright dalam BBC Radio 5 Live.

“Jika manajer menjelaskan semuanya dan mengatakan kepada dia (De Gea) secara langsung mengapa dia (Solskjaer) mengeluarkan dan mengistirahatkannya, maka itulah orang manajemen dan itulah yang harus ditempuh Solskjaer.”

Kontrak De Gea akan habis tahun ini sebelum United mengaktifkan klausa perpanjangan satu tahun tetapi itu tidak membuat media berhenti menggunjingkan kemungkinan kiper itu meninggalkan Old Trafford.

Wright mengatakan akhir dini masa bakti De Gea akan membantu pemain Spanyol ini dalam menentukan masa depannya di MU, selain menyokong Sergio Romero mengisi tempatnya.

“Dia (De Gea) perlu berlibur dan merenungkan kontraknya,” sambung Wright. “Kadang-kadang Anda harus mengeluarkan orang dari garis depan. Dia salah satu penjaga gawang terbaik di dunia dan dia perlu istirahat.”

“Banyak hal yang terjadi dan dia berada di bawah tekanan besar. Ketika Anda menyaksikan bagaimana saat ini United bermain, maka menempatkan dia dalam situasi seperti itu adalah sama dengan menempatkan dia dalam tekanan lebih besar lagi,” pungkas Wright seperti dikutip Reuters. (Bobby MZ)