Lima Pimpinan KPK Dilantik Presiden

0

JAKARTA (Suara Karya) : Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat (2O/12/2019).

Satu diantara pimpinan KPK yang dilantik Jokowi adalah akademisi dari Universitas Negeri Jember (UNEJ). Hal itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi UNEJ salah satu pengajarnya dipercaya menjadi pimpinan KPK.

Sementara pimpinan KPK dipercayakan pada Firli Bahuni,  begitu juga Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, dan Alexander Marwata. Para pemimpin KPK itu disumpah. Firli kemudian ditetapkan sebagai Ketua KPK. Adapun empat rekannya menjadi wakil ketua merangkap anggota.

“Saya bersumpah/berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini, langsung atau tidak langsung, dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapapun juga,” ucap Pimpinan KPK.

Setelah mengucapkan sumpah, Pimpinan KPK tersebut menandatangani berita acara. Penandatanganan dilakukan di depan Jokowi.

Pelantikan pimpinan baru KPK ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pejabat, termasuk pimpinan KPK Sebelumnya. Mereka adalah Agus Rahardjo, Laode M Syarif, Basaria Pandjaitan, dan Saut Situmorang. (Warso)