Lindungi Pekerja Rentan, Tjiwi Kimia Dapat Penghargaan Paritrana Award

0

JAKARTA (Suara Karya): Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia) mendapat penghargaan Paritrana Award 2021 terkait program jaminan sosial ketenagakerjaan. Bahkan perusahaan tersebut masuk dalam peringkat 3 terbesar.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor kepada Direktur Utama Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (27/10/22).

Hadir dalam acara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mendagri Tito Karnavian, dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo.

Menko PMK Muhadjir Effendy dalam sambutannya mengatakan, saat ini perhelatan Paritrana Award memasuki tahun kelima. Penilaian dilakukan sejak 2021 terhadap 700.000 badan usaha, yang diseleksi panitia di 34 pemerintah provinsi, serta 514 pemerintahan kabupaten dan kota.

‘Paritrana Award akan terus diberikan untuk mengapresiasi pemberi kerja yang berkomitmen dalam memberi perlindungan bagi pekerja, dan pemerintah daerah,” ujar Muhadjir.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga memberi apresiasi dan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan Paritrana Award 2021.

Ia berharap penghargaan tersebut akan memberi kesadaran kepada perusahaan agar perlindungan dan kesejahteraan bagi pekerja menjadi lebih baik.

“Semoga prestasi ini memacu motivasi untuk lebih maju lagi dalam memberi perlindungan kepada para pekerja,” ucap Ma’ruf Amin menegaskan.

Direktur Utama Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata usai acara mengatakan, penghargaan tersebut merupakan wujud dari amanah pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja. Tjiwi Kimia akan mengambil peran dalam memberi manfaat kepada masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan

“Kami juga memberi perlindungan kepada 15.000 pekerja rentan di sekitar pabrik. Di Jawa Timur umumnya dilakulan melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya.

Paritrana Award 2021 merupakan program pemerintah yang diinisiasi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), dan BPJS Ketenagakerjaan.

Penghargaan itu guna memberi apresiasi kepada pemda, pelaku usaha, yang telah mendukung implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan. (Suara Karya)