Lions Club Jakarta Gelar Bakti Sosial, Kacamata Gratis bagi Siswa

0

JAKARTA (Suara Karya): Lions Club Jakarta Kelapa Gading Jaya dan klub-klub lain yang tergabung dalam Daerah 4B Distrik 307A1 Lions Club Indonesia menggelar bakti sosial, berupa pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis pada siswa SDN 03 Kelapa Gading, Jakarta.

“Pandemi covid-19 juga berdampak pada kesehatan mata anak. Karena mereka harus menjalani pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan gawai dengan layar ukuran kecil, selama hampir 1,5 tahun ini,” kata Presiden Lions Club Kelapa Gading Jaya, Lily Linus dalam siaran pers, Jumat (1/10/21).

Lily menyebut ada sekitar 300 siswa SDN 03 Kelapa Gading yang melakukan pemeriksaan mata. Siswa yang menderita gangguan mata langsung diberi tindakan agar kondisi matanya tidak menimbulkan komplikas lanjutan. Karena mata adalah jendela dunia.

“Jangan sampai anak-anak ini mengalami masalah serius pada matanya saat masuk usia dewasa, akibat terlambat terdeteksi semasa kecil,” ujarnya.

Ditambahkan, kegiatan amal tersebut terselenggara berkat bantuan.Yayasan Lions Indonesia dan perusahaan lensa Essilor yang membantu penyediaan lensa dan frame kaca mata. Dan dukungan dari Lions Club Elysium, Lions Club Centennial Trainers, Lions Club Gading Cemara dan Lions Club Infinity Coaches.

Kegiatan bakti sosial tersebut disambut Kepala Sekolah SDN 03 Kelapa Gading, Narwita. Katanya, pemeriksaan mata diperlukan bagi anak setelah sekian lama belajar dari rumah dengan menggunakan gadget. Apalagi bagi anak-anak yang tidak memiliki akses untuk pemeriksaan mata dan mendapat kacamata yang dibutuhkan.

“Kami senang karena anak tak hanya diperiksa, tetapi juga dapat kacamatanya agar bisa melihat lagi dengan jelas tulisan di papan tulis. Kegiatan ini sungguh membantu terutama pada anak-anak kurang mampu di sekolah ini,” ujarnya.

Ketua Daerah 4B Lions Club Indonesia Distrik 307A1, Indra Hadiwidjaja mengemukakan, Lions Club menggelar kegiatan kemanusiaan di daerah sekitar lokasi Lions Club berada secara rutin. Daerah 4B memiliki 5 klub di daerah Kelapa Gading, yang memiliki tanggung jawab untuk membantu masyarakat sekitar.

“Ini hanyalah satu dari banyak kegiatan sosial lain dilakukan Daerah 4B Lions Club Indonesia Distrik 307A1. Kegiatan lain berupa pembagian sembako, relawan saat banjir besar di Jakarta, vaksinasi gratis hingga sosialisasi bagaimana menghadapi pandem secara positif,” ujar Indra.

Diungkapkan, salah satu keunikan dari Lions Clubs adalah kebiasaan memanggil sesama anggota dengan sebutan Lion, terlepas apapun jabatannya di masyarakat. Karena seluruh anggota melepaskan status sosial mereka saat membantu masyarakat.

“Jadi tidak heran jika ada direktur perusahaan yant terlihat angkut-angkut barang bantuan atau membantu parkir di lokasi bakti sosial,” tutur Indra.

Lions Clubs Indonesia adalah organisasi kemanusiaan yang berada di bawah organisasi Lions Clubs International, sebuah organisasi kemanusiaan terbesar di dunia dengan lebih dari 1,4 juta anggota di seluruh dunia.

Tentang bakti sosial pemeriksaan mata, Indra menjelaskan, Indra pernah membaca sebuah studi di China selama tahun 2020, yanhlg risiko terkena miopia pada anak berusia 6-8 tahun di masa pandemi meningkat 3 kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Karena pembelajaran jarak jauh yang berkepanjangan di masa pandemi covid-19 meningkatkan risiko miopia atau mata minus dan komplikasi mata lainnya pada anak. Apalagi anak-anak selama PJJ hanya menggunakan layar ‘handphone’ berukuran kecil. (Tri Wahyuni)