Lobi Politik Airlangga Antarkan Bamsoet dan Azis ke Kursi Pimpinan MPR dan DPR

0

JAKARTA (Suara Karya): Terpilihnya kader utama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai Ketua MPR pada Kamis (3/10/2019) dalam sidang paripurna di gedung MPR Senayan, Jakarta dan sebelumnya Azis Syamsuddin yang juga kader Golkar menjadi pimpinan DPR RI, tentu tak lepas dari kegigihan perjuangan maupun lobi-lobi politik Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dengan melibatkan banyak pihak, Airlangga berhasil melobi 7 Fraksi di DPR dan DPD baik secara intensif, maraton, serta dengan mengedepankan prinsip kebersamaan dan asas kolegialitas melibatkan semua kekuatan politik.

“Bamsoet pun mengakui bahwa dirinya terpilih lewat lobi-lobi dan utamanya dukungan yang luar biasa dari Airlangga, sehingga wajar Bamsoet menyatakan terimakasih kepada Airlangga secara terbuka,” kata Ricky Rachmadi di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Ricky mengaku, keberhasilan Bamsoet dalam perjuangan menuju Ketua MPR memang tak lepas dari peran gigih Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang sejak awal sangat serius sekaligus terbuka menyiapkan Bamsoet untuk Ketua MPR. Selain itu, Airlangga juga aktif dalam menggalang dukungan politik berbagai pihak guna mendapatkan dukungan bagi Bamsoet.

“Inilah peran Airlangga yang begitu besar dan sungguh-sungguh mengantarkan Bamsoet menjadi Ketua MPR. Sikap tenang dan penuh perhitungan Airlangga telah menjadi modal terbesar dalam keberhasilan Bamsoet yang didukung oleh Airlangga tersebut,” ujar Ricky menambahkan.

Bahkan, tegas Ricky, dengan prinsip ketenangan dan kehati-hatian Airlangga itu pula, partai-partai secara nyaman dapat menerima Bamsoet sebagai Ketua MPR.

Ricky menuturkan, melalui pengalaman perjuangan Bamsoet dan khususnya Golkar untuk kursi Ketua MPR ini, terdapat pelajaran menarik bagaimana seorang Ketua Umum Partai Golkar tampak begitu optimal dan sepenuh hati memperjuangkan agenda Bamsoet sebagai Ketua MPR RI.

“Airlangga di samping tenang, juga terkesan yakin dari awal proses ini bahwa Bamsoet akan menjadi Ketua MPR, dan karena itu Airlangga terus maju dengan lobi-lobi dan perjuangannya dalam mengantarkan upaya untuk Bamsoet itu, dan ini adalah kehormatan yang istimewa bagi partai Golkar,” tukas Ricky. (Bobby MZ)