Lomba Balap Sepeda “Jelajah Cycling Series Minang” Digelar 4 Maret 2023 di Sumbar

0

JAKARTA (Suara Karya) : “Jelajah Cycling Series Minang” di kawasan sentul, Jawa Barat, Sabtu (17/12/2022) merupakan langkah resmi “JELAJAH SPORT” meluncurkan penyelenggaraan dan pendaftaran peserta lomba balap sepeda yang akan digelar 4 Maret 2023 di Sumatera Barat.

“JELAJAH CYCLING SERIES MINANG 2023 merupakan event Gran Fondo yang mendapatkan lisensi dari Union Cycliste Internationale (UCI), induk organisasi sepeda di seluruh dunia, ” tegas Pipin Purnawan, Co Founder Jelajah Sport di Jakarta, kemarin.

Pipin melanjutkan, event ini memiliki nama resmi UCI Gran Fondo – JELAJAH CYCLING SERIES MINANG 2023. Sejauh ini tidak banyak event lomba balap sepeda yang melibatkan komunitas memiliki lisensi UCI.

Menurutnya, lomba balap sepeda dalam UCI Gran Fondo—JELAJAH CYCLING SERIES MINANG 2023 terbagi dalam 8 kategori, antara lain Men Elit 19 tahun ke atas, Junior 17 tahun (17-18 tahun), Open (19-29 tahun), Master A (30-39 tahun), Master B (40-49 tahun), Master C (50-59 tahun), Women Elite (19 tahun) dan Women Master (30 tahun ke atas).

Upaya memberikan rangsangan pada para peserta turun dalam lomba tersebut, panitia menyiapkan hadiah cukup menarik. Bahkan setiap kategori mendapatkan 10 pemenang, dengan total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp 502,5 juta.

Ada pun total jarak yang ditempu sejauh 112 kilometer, start dilakukan di Kota Padang, dan finish di Istana Pagaruyung. Lomba tanjakan dilakukan di Sitinjau Louik, dan lomba sprint atau kecepatan dilakukan di tepi Danau Singkarak. Lomba balap sepeda ini mengikuti standar yang ditententukan UCI.

Pipin melanjutkan, biaya pendaftaran sebesar Rp 1.750.000. Dengan biaya sebesar itu, peserta akan mendapatkan jersey terbaik, cap, medali, asuransi dan refreshment yang sangat baik selama perjalanan.

Ketika ditanya kenapa lomba tersebut dilakukan di Minangkabau? “Karena Sumatera Barat termasuk wilayah yang sangat ramah terhadap kegiatan balap sepeda bertaraf Internasional. Di sana, selama bertahun-tahun terselenggara Tour de Singkarak, ” Tegas Pipin.

Menurutnya, JELAJAH CYCLING SERIES MINANG  hadir tahun 2023, ingin menjaga api semangat masyarakat Minangkabau terhadap aktivitas bersepeda tersebut. Kehadiran para peserta dan pendukung di wilayah itu tentu akan terjadi pergerakan ekonomi baik melalui penyelenggaraan event maupun belanja yang dilakukan peserta dan panitia. Hal ini otomatis membantu pemerintah menghidupkan sektor pariwisata dan ekonomi nasional.

Pipin melanjutkan, untuk mendaftar lomba balap sepeda tersebut, pendaftar bisa membuka akses lewat jelajahcyclingseries.id. Dengan begitu mempermudah para peserta mendaftarkan diri dari berbagai daerah di Tanah Air. (Warso)