Lomba Nyanyi PYC, 12 Anak Terpilih Sebagai Pemenang

0

JAKARTA (Suara Karya): Sebanyak 12 anak terpilih sebagai pemenang dalam ajang lomba menyanyi anak dengan tema “Lagu Daerah Asal Pahlawan” yang diselenggarakan Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, sejak Oktober dan puncaknya (final) pada 19 November 2022.

Ketua Umum PYC Filda C. Yusgiantoro menyatakan gelaran perlombaan itu dalam rangka Hari Pahlawan yang diperingati pada 10 November setiap tahunnya. “Selain meningkatkan nilai-nilai nasionalisme pada anak, acara ini sekaligus menginformasikan kepada mereka bahwa ada jasa pahlawan dalam kemerdekaan Indonesia ini,” kata Filda, Senin (21/11/2022).

Menurutnya, tema ini diusung untuk meningkatkan rasa nasionalisme generasi muda, khususnya terhadap pahlawan yang sudah berjasa bagi kemerdekaan Indonesia.

Pemenang Lomba Menyanyi Anak, bersama dewan juri dan Ketua Umum Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) Filda C Yusgiantoro. (Foto: Humas PYC)

Ditegaskan Filda, tema ini juga dipilih agar generasi muda dapat merenungkan kembali bagaimana para pahlawan sudah berjasa bagi Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdemokrasi.

Sementar itu, Pendiri PYC, Purnomo Yusgiantoro yang turut hadir dalam final perlombaan itu mengungkapkan bahwa pengabdian kepada negara dapat datang dalam bentuk apa saja, di antaranya adalah dengan bernyanyi.

“Jadi pengabdian terhadap negara bisa dilakukan dengan banyak cara ya salah satunya bernyanyi. Apalagi jika melalui perlombaan menyanyi kita dapat mengharumkan nama negara di kancah internasional, nah itu juga bentuk bagian dari pengabdian warga negara melalui karyanya,” kata Purnomo.

Sekadar diketahui, rangkaian lomba ini dimulai dengan tahap pendaftaran secara daring pada bulan Oktober, dan berakhir pada puncak acara Grand Final Lomba Menyanyi Anak yang diselenggarakan tanggal 19 November 2022 di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat.

Pemenang Lomba Menyanyi Anak, bersama dewan juri dan Ketua Umum Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) Filda C Yusgiantoro. (Foto: Humas PYC)

Lomba ini terbagi dalam 2 kelompok kategori usia yaitu kategori I untuk usia 7-10 tahun dan kategori II untuk usia 10—12 tahun. Terdapat 90 peserta dari berbagai provinsi se-Indonesia,mulai dari Sumatera sampai Bali. Dari semua peserta, panitia memilih 10 finalis dari masing-masing kategori untuk tampil live di Jakarta.

Setiap finalis melakukan presentasi singkat tentang pahlawan nasional yang dipilih dan kemudian menampilan lagu tradisional dari daerah asal pahlawan tersebut. Lagu yang dipilih pun beragam, dari Lancang Kuning (Kepulauan Riau), Anoman Obong (Jawa Tengah), O Ina Ni Keke (Sulawesi Utara), hingga Ratu Anom (Bali). Para finalis juga mengenakan baju daerah tradisional yang berwarna-warni untuk melengkapi penampilan mereka masing-masing.

Pada lomba kali ini, terdapat 3 juri yakni Delon Indonesia Idol, Meisye Camelia, Klaudius L. Robby Jama, keduanya pelatih vokal di Delon Vocal Studio, dan Delon Thamrin, Runner-Up Indonesian Idol musim pertama. Ketiga juri turut bangga dan kagum atas bakat yang dimiliki anak-anak sejak usia muda.

“Kalau ada lomba (menyanyi) lagi, kalian harus terus ikut untuk memperkaya (pengalaman), dan juga untuk menguatkan kalian, agar kalian dapat menampilkan nyanyian yang paling bagus.” ujar Delon saat memberikan penilaian kepada para finalis.

Delon juga membawakan lagu Indonesia Jaya dan Karena Cinta, bersama dengan Meisye dan Robby, yang berhasil memukau penonton dan peserta.

Selanjutnya, pada grand final terpilihlah 20 finalis muda berbakat hadir untuk bernyanyi secara live dengan pakaian daerah yang beragam.

Berikut adalah urutan juara Kategori I:

1. Skolastika Btari Pandan Wangi-SD Notre Dame, Jakarta-Ondel-Ondel-Ismail Marzuki
2. Nanda Aussie Irawan-SD Harapan I, Medan-Butet-Djamin Ginting
3. Ashira Agustine Elvetta-SDN Kalierang 01, Brebes, Jawa Tengah-Anoman Obong-Jenderal Sudirman
4. Syalom Given Erlius-SDS Melania III, Jakarta Pusat-Yamko Rambe Yamko-Frans Kaisiepo
5. Salman Hosea Laome Obe-SD Advent 7 Rawamangun, Jakarta-Bolelebo-Sobe Sonbai III

Berikut adalah urutan juara Kategori II (Nama-Asal Sekolah-Lagu-Pahlawan yang dipresentasikan):

1. Milka Khendita Hanum-SDN Cipulir 01, Jakarta-Manuk Dadali-Raden Dewi Sartika
2. Intanie Dilly Melody-SMP Ma’arif NU, Jakarta-Kicir-kicir-Benyamin Sueb
3. Victoria Angela Paulus-Sekolah Murid Merdeka, Jakarta-Bubuy Bulan-Mohammad Toha
4. Carissa Angel Indyra Putri-SD Ora et Labora BSD, Tangerang-Suwe Ora Jamu-RA Kartini
5. Bernike Dian Kristinasih-SMP Kesatuan Bangsa, Magelang-Cublak Cublak Suweng-Pangeran Diponegoro

Selain itu, PYC juga membuka voting untuk pemilihan Juara Favorit. Berikut adalah pemenang Juara Favorit:

1. Kategori I : Hanna Shakila Inara
2. Kategori II : Ben David

(Bayu)