Mahasiswa Undip Peroleh Medali Emas dalam NUDC 2021

0

SEMARANG (Suara Karya): Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Jawa Tengah kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional. Kali ini, Tim Debat Universitas Diponegoro berhasil menyabet Juara 3 Bersama Nasional dalam National University Debating Championship (NUDC) dan Juara 3 Nasional dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tahun 2021 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Adalah Mutiara Noverita Arumdapta dan Kevin Rendra Pratama yang berhasil membawa Undip memperoleh medali Emas dalam NUDC 2021”, ungkap Dr. Agus Suherman, S.Pi., M.Si, Kepala Sekretariat dan Protokol Undip.

Dirinya menambahkan atas prestasi ini, membawa Undip menjadi juara 3 Bersama Nasional, serta dalam Open Category Championship, Undip berhasil menduduki Co-2nd Runner Up.

“Undip menyampaikan selamat atas capaian yang diraih dalam ajang NUDC dan KDMI. Semoga menjadi semangat dan inspirasi bagi teman-temannya”, tambah Agus.

Sementara itu Mutiara Noverita Arumdapta mengungkapkan rasa bangga telah berhasil menjuarai ajang NUDC 2021.

“Saya merasa bahwa kompetisi ini merupakan ajang terbesar untuk lomba perdebatan bahasa Inggris di seluruh Indonesia dan saya yakin ini merupakan suatu milestone yang juga diharapkan oleh saya dan juga banyak teman-teman komunitas debat untuk mengikuti kompetisi ini”, ungkap Mutiara di malam Penganugerahan NUDC & KDMI Tingkat Nasional 2021 yang disiarkan melalui channel Youtube KEMENDIKBUD RI, Sabtu (04/09).

Ia menambahkan dirinya merasa bahwa kompetisi debat ini adalah kompetisi debat yang sangat inklusif karena mengirimkan seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan kompetisi yang sangat menarik, sehingga milestone ini lah motivasi terbesar saya mengikuti kegiatan NUDC

Selain itu, KDMI 2021, Undip berhasil menyabet medali emas yang diperoleh Hafizat Intan Amalia, dan medali perak yang diperoleh Ryan Kam Vikri. Dengan raihan medali tersebut, Tim Debat Undip berhasil menjadi Juara 3 Nasional dalam KDMI 2021. Hafizat Intan Amalia juga dinobatkan menjadi Pembicara Terbaik dalam KDMI 2021.

NUDC dan KDMI merupakan kegiatan tahunan yang menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia, serta meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan, bangsa, dan budaya.

Dalam laporannya, (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi mengungkapkan keseluruhan peserta yang mengikuti kompetisi ini sebanyak 672 mahasiswa yang berasal dari berbagai macam perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

NUDC dan KDMI dibuka secara resmi oleh Dirjen Dikti pada 24 Agustus 2021 dan berlangsung selama 11 hari sampai dengan 04 September 2021. Kompetisi yang sudah bergulir sejak tahun 2008 ini diselenggarakan untuk mewujudkan pelajar Pancasila yang berpikir kritis, kreatif, dan berkebhinekaan. (Bobby MZ)