Masyarakat UNJ Bangga, Ilham Achmad Turmudzi Raih Medali Emas di Peparnas Papua 2021

0

JAKARTA (Suara Karya) : Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bangga Ilham Achmad Turmudzi meraih medali emas saat tampil di cabor para renang dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Papua.

Hal itu terjadi ketika Ilham Achmad Turmudzi yang membela DKI turun di nomor 100 meter gaya bebas putra kelas S15 mencatat waktu 57.85 detik. Posisi kedua diambil I Ketut Widyadana (Bali) 1:03.96 detik dan ketiga Andika Nurcahya (Jawa Barat) 1:05.85 detik.

“Saya bangga Ilham Achmad Turmudzi yang merupakan mahasiswa FIK UNJ berhasil meraih juara di Pekan Paralimpik Nasional XVI/2021 Papua. Melalui prestasi yang diraih, Ilham tidak saja membawa nama harum DKI, namun nama baik UNJ juga turut berkumandang di multi event nasional,”kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Sukur S.Pd., M.Si di Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Abdul Sukur mengatakan, meski Ilham tercatat sebagai atlet tunarungu dan tunawicara, namun prestasi yang dihasilkan tidak kalah dengan atlet biasa. Prestasi yang diukir bukan saja ditingkat nasional, namun sudah mencapai internasional.

Semua itu diraih melalui ketekunan melakukan latihan. Sang juara tidak lahir dengan sendirinya, namun harus berjuang dan berlatih dan berlatih. Semua itu dilakukan Ilham dalam dunia renang. Bahkan tidak tanggung-tanggung setiap minggunya hanya sekali istirahat, selebihnya berlatih.

Melalui kegigihan dan semangat menyala lagi – lagi Ilham mengukir tampuk juara di nomor yang menjadi spesialisnya dalam kolam renang nasional maupun internasional.

Menurut catatan sederet medali telah diraih perenang kelahiran, Bogor, 9 Juli 1998. Mulai tingkat daerah hingga tingkat internasional, di antaranya: 7th Asian Pasific Deaf Game 2012 di Seoul, Korea Selatan dengan dua medali emas dan satu medali perak, 35th Sea Age Groups Swimming Championship Danang di Vietnam pada Juni 2011 lalu dan meraih medali perak untuk kategori 50 meter gaya dada.

Begitu pula di Kejuaraan Renang Asia Kelompok Usia (AASF) ke-7 di Jakarta, Oktober 2011 silam dan meraih satu medali emas, perak, dan perunggu. Sementara di turnamen internasional, Ilham mengawali debutnya di turnamen 9th Asean Inter Club Age Group Swimming Championship di Jambi, 2011 lalu. Pada turnamen ini, Ilham berhasil menyabet 10 medali! Empat medali emas, lima medali perak, dan satu medali perunggu untuk kategori berbeda. (Warso)