MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 Dijadikan Sebagai Ajang Pemantauan Menuju SEA Games 2023

0

JAKARTA (Suara Karya) : Turnamen tenis profesional bertajuk MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 yang digelar Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP PELTI) dan PT Medco Energi Internasional Tbk dijadikan sebagai ajang perbaikan peringkat dan pemantauan atlet menuju SEA Games di Kamboja tahun 2023.

“Kejuaraan yang masuk dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) Men’s World Tennis Tour dapat dijadikan peluang bagi petenis nasional mengasah prestasi yang dimilikinya, ” Jelas Sekjen PP PELTI, Lani Sardadi di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Dengan digelarnya ajang khusus untuk petenis putra itu katanya, akan bergulir dua seri dalam dua pekan di lapangan The Sultan Hotel & Residence Jakarta, mulai 24 Oktober hingga 6 November 2022.

MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 menyediakan total hadiah 25.000 dolar AS atau sekitar Rp 400 juta tiap seri. Jumlah ini merupakan hadiah uang terbesar dalam sejarah kejuaraan tenis putra di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Ajang ini merupakan salah satu turnamen entry level profesional yang akan sangat bermanfaat bagi petenis tuan rumah untuk mengumpulkan poin peringkat internasional.

“Terima kasih PT Medco Energi International Tbk yang telah bersedia menjadi sponsor turnamen profesional khusus putra dengan total hadiah terbesar dalam lima tahun terakhir. PP PELTI sangat memerlukan adanya banyak kejuaraan seperti ini di Tanah Air sebagai ajang uji coba petenis nasional menyongsong event internasional seperti Piala Davis dan SEA Games di Kamboja, awal tahun depan,” ucap Lani yang mewakili Ketua Umum PP PELTI, Rildo Ananda Anwar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro berharap para petenis putra putri Indonesia mampu berkiprah lebih banyak di level internasional. “Semoga dukungan yang kami berikan ini dapat menjadi dorongan semangat bagi para petenis dalam berprestasi,” ujar Hilmi.

Setiap seri MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 menyediakan 32 slot main draw dan 48 tempat di babak kualifikasi nomor tunggal. Sedangkan di sektor ganda, hanya 16 pasangan yang berhak tampil di babak utama. Merujuk Acceptance List turnamen per Sabtu (22/10), Nam Hoang Ly dari Vietnam yang menempati peringkat singles ke-270 dunia akan menjadi unggulan teratas tunggal sementara pasangan tuan rumah, Nathan Anthony Barki (1359)/Christopher Rungkat (185) bakal memuncaki daftar unggulan nomor ganda turnamen seri pertama.

Andalan Indonesia, Muhammad Rifqi Fitriadi yang bercokol di peringkat 1242 dunia menjadi satu-satunya wakil tuan rumah yang lolos langsung ke babak utama nomor tunggal. Sedangkan Nathan Anthony Barki, Tegar Abdi Satrio Wibowo dan Lucky Candra Kurniawan serta M. Gunawan Trismuwantara harus memanfaatkan fasilitas wild card. Adapun peserta asing datang dari 12 negara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, Hongkong, China, Jepang, Korea, India, Australia, Rusia dan Perancis serta Hungaria. (Warso)