Melalui Lomba MTQMN UNJ, Diharapkan Lahir Mahasiswa yang Miliki SDM Unggulan

0

JAKARTA (Suara Karya) : Sebanyak 401 peserta mewakili 106 perguruan tinggi berasal dari 17 Provinsi se Indonesia tampil dalam Kejuaraan Nasional Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional Universitas Negeri Jakarta (MTQMN UNJ).

Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional UNJ yang mengambil tema “Optimisme Membangun Indonesia Unggul di Tengah Pandemic dengan
Inspirasi Al-Qur’an” digelar mulai 6 Oktober hingga 11 November 2021 melalui program daring,

“Melalui lomba ini diharapkan dapat melahirkan mahasiswa yang memiliki sumber daya manusia unggul, dan berprestasi dalam bidang Tilawatil Quran, Tartil Quran, Qiraah Sab’ah, dan Syarhil Quran,””kata Rektor UNJ Prof.Dr. Komarudin, M.Si dalam pembukaannya di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Sementara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si. dalam sambutannya mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Dengan rahmat dan karunia-Nya sehingga lomba ini berjalan sesuai harapan hingga memasuki babak final.

Dalam kesempatan itu pula Abdul Sukur mengatakan, MTQMN UNJ bertujuan menemukan sumber daya manusia yang unggul, dan berprestasi dalam bidang Tilawatil Quran, Tartil Quran, Qiraah Sab’ah, dan
Syarhil Quran. Begitu juga dalam mempromosikan seni bacaan Al-Qur’an sebagai salah satu bentuk ekspresi keberagamaan yang perlu dipelihara. Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Al-Qur’an. Memperkenalkan model baru Musabaqah Tilawatil Qur’an dengan memanfaatkan media daring.

Selanjutnya membangun semangat kolaborasi dengan berbagai instansi sebagai upaya menyiapkan wadah kompetisi positif di tengah situasi bangsa pasca covid 19. Memperkenalkan Universitas Negeri Jakarta sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki perhatian terhadap pengembangan
nilai-nilai Al-Qur’an dalam mengembangkan kultur akademiknya.

Dalam MTQMN UNJ Tahun 2021 yang mengambil tema “Optimisme
Membangun Indonesia Unggul di Tengah Pandemic dengan Inspirasi Al-Qur’an” menggelar 6 Cabang Lomba yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur’an Putra dan Putri, Musabaqoh Tartil Qur’an Putra dan Putri, Musabaqoh Hifzhil Qur’an 5 Juz Putra dan Putri, Musabaqoh Hifzhil Qur’an 10 Juz Putra dan Putri, Musabaqoh Hifzhil Qur’an 20 Juz Putra dan Putri, dan Musabaqoh Syarhil Qur’an.

Abdul Sukur menyampaikan terimakasih kepada Bapak Rektor yang sudah memberikan dukungan sehingga rangkaian kegiatan MTQMN ini dapat berjalan lancar. Tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Panitia yang sudah berjuang sekuat tenaga untuk bisa mensukseskan kegiatan ini.

Sedang bagi para peserta, Abdul Sukur mengucapkan selamat berlomba, semoga bisa tampil maksimal. Dengan harapan mampu meraih hasil yang didambakan mengukir gelar juara. “Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh,” kata Abdul Sukur mengakhiri sambutannya. (Warso)