Melalui POMNAS, Cabor Bola Tangan Menjaring Atlet Beprestasi Menuju Pentas Dunia

0
Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Dody Usodo Hargo. (suarakarya.co.id/ist)

JAKARTA (Suara Karya) : Perkembangan dan Pembinaan prestasi, serta pembibitan Atlet Bola Tangan di Indonesia terus menunjukkan kepiawaiannya. Apalagi Cabor Bola Tangan sudah dipertandingkan di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke 16 di Jakarta yang akan digelar mulai 19 s.d 26 September 2019.

Hal itu membuat Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Dody Usodo Hargo memberikan apresiasi, respect, dan acungan jempol kepada Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI).

“Bola Tangan dipertandingkan di POMNAS walaupun masih menjadi nomor eksibisi, ini sudah menunjukkan bahwa pembinaan Atlet Bola Tangan Indonesia sudah mendapat tempat di Perguruan Tinggi, pemasalan mulai merata, baik ditingkat Pelajar, Masyarakat (umum) maupun di kalangan Mahasiswa,” tegas Dody di Jakarta, kemarin.

Dody yang juga Deputi I Kemenko PMK menegaskan, PB ABTI memberikan apresiasi yang besar pada Bapomi yang mempercayakan Cabor Bola Tangan dipertandingkan di tingkat mahasiswa. Meski baru masuk kategori eksibisi, namun kedepannya sudah pasti dipertandingkan nenjadi nomor resmi.

Hal itu yang sangat membantu PB ABTI dalam melakukan pembibitan dan pembinaan Atlet Bola Tangan melalui Kampus-kampus Perguruan Tinggi. Semua itu sudah dilakukan disemua negara maju, para Atlet Bola Tangan yang diandalkan ke multi event Internasional bermula lahir dari kalangan Mahasiswa.

Tingginya minat dan pesatnya pemasalan pembinaan Atlet Bola Tangan, diharapkan kedepannya akan lahir bibit-bibit Atlet yang handal. Bahkan persaingan Atlet menuju Tim Nasional Bola Tangan akan lebih ketat untuk memperoleh Tim yang tangguh saat Indonesia menerjunkan Atletnya di multi event Internasional baik di SEA Games, Asian Games maupun di Olimpiade sekalipun nantinya.

Sekali lagi Dody memberikan apresiasi pada Bapomi yang mempercayakan Cabor Bola Tangan dipertandingkan di POMNAS ke 16 tahun 2019. Kerja sama yang bagus ini semoga terus berlangsung dalam menghasilkan Atlet berprestasi. Dengan harapan, Atlet Bola Tangan Indonesia dapat mengharumkan nama bangsa dan negara dipentas olahraga internasional lewat POM ASEAN maupun Universiade ditingkat Mahasiswa. (Warso)