Melalui Tema “Labschool in Wonderland” Bangkitkan Pensi Menuju Varlathenexia

0

JAKARTA (Suara Karya) : “Labschool in Wonderland” tema gelaran Pentas Seni (Pensi) angkatan XXX SMP Labschool Jakarta yang dilaksanakan Sabtu 19 November 2022 menjadi penyemangat peningkatan apresiasi seni.

“Pensi yang berlabel Varlathenexia (beragam keajaiban dan fantasi yang membawa perubahan untuk mengumpulkan kekuatan setia kawan, berani dan pantang menyerah) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan siswa kelas 8 dan OSIS/ MPK, ” tegas Kepala SMP Labschool Jakarta dan ketua POMG, Drs. Asdi di Jakarta, kemarin.

Pensi ini katanya, digawangi oleh siswa dengan bimbingan guru yang dikoordinatori oleh pak Murdha Nugraha. Mulai pemilihan tema, pembuatan proposal, pembuatan backdrop, pencarian dana dan sponsor hampir semua dikerjakan oleh siswa.

Siswa selain menjadi panitia juga menjadi EO (event organizer) yang meramu dan mengatur jalannya acara. Disini selain belajar mengorganisasi, siswa sekaligus juga belajar dalam bidang enterpreunership.

Pensi yang diselenggarakan di halaman sekolah dibuka wakil BPS Labschool Dr. Achmad Ridwan, M.Si. Pak Ridwan mengapresiasi kegiatan ini karena telah mampu mengorganisasi dan menyalurkan bakat potensi kawan kawannya. Pensi ini bagian dari kurikulum dalam mewujudkan pembelajaran abad 21 yaitu dengan 4C nya (Collaborative, Creativity, Critical Thinking, Communication).

Apresiasi Seni

Menurut Drs. Asdi, bahwa Pensi yang unik sedangkan ketua POMG menyampaikan bahwa Pensi ini dapat dijadikan sarana dalam memperkuat motto Iman, Ilmu dan Amal. Ketua Pensi dari siswa Viorenza dalam laporannya menyampaikan bahwa Pensi ini terselenggara berkat dukungan semua pihak, khususnya donatur dan sponsor.

Viorenza berharap semoga Pensi ini menjadi ajang apresiasi seni bagi siswa, tidak lupa ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengisi acara, donatur dan sponsor.

Pensi yang dimeriahkan oleh kesenian tradisional berupa rampak gendang dari Jawa Barat juga tarian tradisional dari Betawi, dan Aceh serta Melayu. Ada 69 pengisi acara dalam Pensi ini mulai dari siswa SMP Labschool Jakarta, KB TK Labschool, SMA Labschool, alumni serta penampilan dari guru – guru SMP Labschool Jakarta.

Selain penampilan dalam bentuk seni suara atau tari, pada pensi kali ini ditampilkan juga parade melukis/ performance art yang dilakukan oleh siswa dengan karya lukis sesuai tema Pensi.

Pensi ini mendapat dukungan dari sponsor seperti KPP, Dewi Djalal and Partner, Buluh Tiga Perindu, Bank Mandiri, Turangga,  Indihome, PT Bukit Asam serta para donatur dari orangtua, Kordinator Tingkat serta POMG.

Pada penghujung acara group dari alumni Pasukan Lima Jari (PLJ) ikut memeriahkan dengan  menampilkan sederet lagu yang bergenre Reagea. Anak- anak semakin antusias dalam menikmati Pensi yang semarak dan meriah serta menghibur ini. “Pensi ini diharapkan juga menjadi penyemangat siswa dalam belajar apalagi akan menghadapi Penilaian Akhir Semester, ” tambahnya. (Warso)