Menahan Pipis Sebabkan Kencing Batu? Ini Kata Dokter Spesialis Urologi

0
Dokter Spesialis Urologi, Anggie Novaldy (kiri)/suarakarya.co.id/Bayu Legianto

JAKARTA (Suara Karya): Setiap orang mungkin pernah merasakan menahan buang air kecil (kencing). Lamanya waktu menahan-pun bervariasi ada yang hanya beberapa menit, bahkan ada juga yang harus menahan hingga hitungan jam, mungkin semua itu tergantung situasi dan tempat di mana seseorang terpaksa harus menahannya.

Pasalnya, menahan kencing terlalu lama bisa menyebabkan air kencing mengkristal dan menjadi batu. Dengan demikian, menahan kencing terlalu lama bisa menyebabkan kencing batu.

Bagaimana tanggapan Dokter spesialis Urologi, Anggie Novaldy mengenai hal tersebut, mitos atau fakta?

Menurut Anggie, yang harus diketahui adalah berapa lama seseorang bisa menahan kencing?
Idealnya kencing 8x perhari. Namun demikian, orang kencing lebih dari 8x perhari artinya seseorang ada masalah dengan kantung kemih yang terlalu aktif.

“Jadi kita menahan kencing 3-4 jam masih normal, kecuali kalau kita menahan sampai 6-7 jam, dan itu hampir tidak mungkin bisa dilakukan, walaupun kita dalam keadaan puasa,” kata Anggie kepada wartawan di RS Siloam, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Seseorang yang bisa menahan kencing sangat lama, kemungkinan mereka mempunyai masalah seperti mengalami gangguan prostat atau batu yang menyumbat sehingga bisa kencing. Kondisi tersebut harus segera ditangani, artinya sumbatan kencingnya harus diobati karna ada sesuatu yang tidak beres, sehingga kencing bisa tersumbat.

Dengan demikian, menahan kencing dalam kondisi apapun dan selagi seseorang tidak mempunyai masalah pada prostat, dan batu ginjal, maka itu tidak akan ada masalah, apalagi sampai menyebabkan penyakit kencing batu.

Jadi kesimpulannya, menahan kencing menjadi penyebab terjadinya kencing batu adalah mitos. (Pramuji)