Menanti Kejutan Berikutnya: Mungkinkah Leipzig vs Lyon di Final UCL Musim Ini?

0
Skuat Lyon merayakan gol Moussa Dembele ke gawang Manchester City © AP Photo

JAKARTA (Suara Karya): Liga Champions wadahnya kejutan. Tidak ada yang tidak mungkin, tidak ada tim favorit. Sebab itu, mungkinkah partai final musim ini mempertemukan dua kuda hitam: RB Leipzig vs Lyon?

Saat ini tersisa empat tim tangguh yang bakal bersua di panggung semifinal pekan depan. Ada dua tim Prancis: PSG dan Lyon. Serta dua tim Jerman: Bayern Munchen dan RB Leipzig.

Keberhasilan empat tim ini mematahkan rekor 24 tahun terakhir, di mana selalu ada wakil Inggris atau Spanyol di panggung semifinal. Musim ini, sudah pasti gelar juara bakal diraih tim Jerman atau Prancis.

Berkaca pada empat duel perempat final kemarin, tidak ada yang pasti di Liga Champions musim ini. Sebut saja Lyon yang mengalahkan Manchester City (3-1), Bayern yang menghajar Barcelona (8-2), atau PSG yang beruntung bisa mengalahkan Atalanta (2-1).

Juga masih ada Leipzig yang tampil sempurna untuk mengalahkan Atletico Madrid (2-1). Hampir semua pertandingan mengejutkan — khususnya saat hujan 10 gol dalam satu laga beberapa hari lalu.

Sebab itu, partai semifinal nanti pun bakal sulit diprediksi. Siapa yang bakal lolos ke final? Akankah duel PSG vs Bayern, atau justru Leipzig vs Lyon?

Final sesuai prediksi: PSG vs Bayern

Bicara soal komposisi skuad di atas kertas, seharusnya final ideal Liga Champions musim ini mempertemukan dua favorit: PSG vs Bayern Munchen.

Kedua tim ini punya segalanya: pemain-pemain top, variasti taktik, dan keunggulan mental sebagai juara liga domestik masing-masing.

Bayern boleh jadi sedikit lebih unggul dari PSG. Bagaimanapun pasukan Hansi Flick ini baru saja menghajar Barcelona 8-2, skor yang hanya bisa diraih tim tangguh.

PSG, di sisi lain, punya Neymar dan Kylian Mbappe yang bisa jadi pembeda. Dua pemain ini saja sudah cukup membuat barisan bek lawan kelimpungan.

Final kejutan

Final PSG vs Bayern bakal seru, sesuai prediksi. Namun, bukankah Liga Champions selalu menyimpan kejutan? Lalu, bagaimana jika ternyata justru Leipzig yang bertemu Lyon di partai pemungkas?

Kemungkinannya kecil, tapi tidak bisa dihapus sepenuhnya. Leipzig merupakan tim komplet dengan permainan yang menyatu, berbeda dengan PSG yang mungkin mengandalkan satu-dua pemain.

Juga, Bayern tidak bisa memandang remeh Lyon. Bagaimanapun Lyon berhasil menyingkirkan Juventus dan Man City, dua favorit juara, dan kini Bayern bisa jadi korban berikutnya.

Semuanya akan ditentukan pada duel semifinal pekan depan. Leipzig vs PSG, Rabu (19/8/2020) dini hari WIB. Serta Lyon vs Bayern, Kamis (20/8/2020). (Bobby MZ)