Menkes Berjanji Prioritaskan Ketersediaan Vaksin di Kota Bogor

0

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam lawatannya ke Kota Bogor (1/6/21) berjanji akan memprioritaskan ketersediaan vaksin covid-19 untuk masyarakat kota Bogor. Hal itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo, cakupan vaksinasi di wilayah Jabodetabek harus jadi prioritas.

Kota Bogor sebagai salah satu wilayah penyangga Ibukota DKI Jakarta, dengan mobilisasi penduduk yang cukup tinggi, tentunya butuh ketersediaan vaksin yang seimbang dengan kecepatan cakupan vaksinasi.

“Karena itu, kita akan memberi vaksin lebih banyak dari Bogor, sehingga lebih banyak lagi orang Bogor yang mendapat vaksinasi. Karena posisinya dekat dengan Jakarta, maka kondisi itu harus dilihat sebagai satu kesatuan kluster Jabodetabek,” ucap Menkes.

Walikota Bogor, Bima Arya menjelaskan, Kota Bogor sendiri menargetkan sekitar 800.000 penduduk akan menerima vaksinasi covid-19. Dari jumlah itu, sebanyak 150.000 penduduk yang sudah menerima vaksinasi, atau sekitar 18-20 persen.

Untuk mempercepat proses vaksinasi tersebut, Bima Arya berharap adanya akses khusus untuk ketersediaan vaksin ke kota Bogor langsung dari pusat.

“Jadi kita minta kepada Kementerian Kesehatan untuk alokasi vaksin ke Kota Bogor bisa dipotong rantainya. Jadi kita ada akses khusus untuk ketersediaan vaksin di wilayah bodetabek,” kata Bima menegaskan. (Tri Wahyuni)