Menkes Canangkan Vaksinasi Covid-19 bagi Disabilitas di Kota Bogor

0

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mencanangkan vaksinasi bagi penyandang disabilitas baik fisik maupun mental. Pencanangan dilakukan di Rumah Sakit Jiwa dr H Marzoeki Mahdi, di Kota Bogor, Selasa (1/6/2021).

“Vaksinasi juga penting diberikan ke Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) juga penting, karena umumnya mereka memiliki komorbid,” katanya.

Direktur Kesehatan Jiwa (Keswa), Kemkes, Siti Kalimah menyebut, ada 562.242 penyandang disabilitas di seluruh Indonesia. Mereka akan mendapat vaksinasi mulai Selasa (1/6/21). “Mulai besok, vaksinasi untuk disabilitas baik akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Penyandang disabilitas dapat dilayani di seluruh fasilitas kesehatan/sentra vaksinasi manapun dan tidak terbatas pada alamat domisili KTP. Hal itu sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan No HK 02.01/MENKES/598/2021 Tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas, Serta Pendidik, dan Tenaga Pendidikan.

Ditambahkan, vaksinasi berjalan berkat kerja sama dengan komunitas, organisasi lokal, dan pihak swasta untuk mobilisasi masyarakat lansia dan penyandang disabilitas. Caranya dengan mendaftar, dan mengatur transportasi antar jemput bagi lansia dan penyandang disabilitas ke tempat pelayanan vaksinasi covid-19.

“Kerja sama juga dilakukan dengan Kementerian Sosial (Kemsos) dan Dukcapil untuk proses vaksinasi di panti milik Kemsos. Selain pendataan bagi ODGJ terlantar yang tak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK),” tuturnya.

Ditambahkan, Puskesmas akan mendatangi penerima vaksinasi milik Kemsos. “Puskesmas juga akan datang ke rumah-rumah, jika lansia maupun penyandang disabilitas tidak mampu pergi ke tempat pelayanan kesehatan,” kata Siti Kalimah menandaskan. (Tri Wahyuni)