Menkes Terkena Covid-19, Jalani Isoman sambil Kerja secara Daring

0

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat ini sedang isolasi mandiri, setelah hasil tes PCR, pada Senin (29/8/22) menunjukkan hasil positif covid-19.

Menkes mengatakan, keterbukaan atas status covid-19 merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai pejabat publik. Agar penularan virus bisa segera diputus dan tidak semakin meluas.

“Karena siapa pun dapat tertular dan menularkan covid-19. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk membantu memutus rantai penularan, lewat swab tes. Jika hasil tes positif, maka segera lakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Seperti tatalaksana covid-19 umumnya, Menkes melakukan isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif. Selama isolasi mandiri, Menkes tetap menjalankan aktivitas rutin biasa secara virtual.

Menkes Budi bukan pejabat publik pertama yang terkena covid-19, namun ini merupakan pertama kalinya Menkes Budi terkonfirmasi covid-19 sejak menjabat pada Desember 2020 lalu.

Hal itu terjadi lantaran mobilitas yang sangat tinggi. Dalam setiap acara bertemu dengan banyak pihak, sehingga Menkes rentan terpapar covid-19.

Pihak-pihak yang berinteraksi dengan Menkes dalam beberapa hari terakhir telah diberi informasi. Mereka diminta terkait untuk segera tes swab dan isolasi mandiri.

Meski terjangkit covid-19, kondisi Menkes saat ini relatif sehat berkat vaksinasi dan booster. Vaksinasi tidak menjamin individu terbebas sepenuhnya dari covid-19, namun hal itu bisa mencegah gejala sakit yang parah. Sehingga penderita tidak harus dirawat di rumah sakit. (Tri Wahyuni)